Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ketum IMI Dukung Kejurnas Balap Di Sirkuit Muara Bungo Jambi

Jumat, 7 Oktober 2022 11:17 WIB
Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo (tengah) menerima rombongan pengurus IMI Jambi. (Foto: Dok. IMI)
Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo (tengah) menerima rombongan pengurus IMI Jambi. (Foto: Dok. IMI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo menerima Ketua IMI Jambi Guntur Muchtar yang melaporkan persiapan penyelenggaraan berbagai Kejuaraan Nasional (Kejurnas) balap yang diselenggarakan di Suwarnadwipa Nusantara Circuit, di Muara Bungo, Jambi. Pertama, Kejurnas Adventure Offroad putaran kelima pada 15-16 Oktober 2022, menghadirkan sekitar 80-90 peserta. Kedua, Kejurnas Sprint Rally putaran keempat pada 21 Oktober 2022, menghadirkan sekitar 50 peserta. Ketiga, Kejurnas Rally putaran 3 dan putaran 4 pada 22 Oktober 2022 dan 23 Oktober 2022, menghadirkan sekitar 50 peserta.

Bamsoet, sapaan akrab Bambang, menerangkan bahwa kegiatan ini menjadikan Jambi sebagai provinsi kedua di Pulau Sumatera, setelah di Sumatera Utara, yang menyelenggarakan berbagai kegiatan Kejurnas Rally. Suwarnadwipa Nusantara Circuit merupakan sirkuit permanen pertama yang dibangun di Jambi. Sekaligus menjadi sirkuit track tanah terbesar dan terpanjang di Indonesia dan pernah sukses menyelenggarakan Kejurnas Sprint Rally dan Speed Offroad pada 2019.

Baca juga : Ketum IMI Dukung Penyelenggaraan Batik Nation Ride 2022

"Setelah vakum karena pandemi Covid-19, kini Suwarnadwipa Nusantara Circuit sudah siap kembali menyelenggarakan berbagai event Kejurnas yang bukan hanya memberikan manfaat dalam peningkatan prestasi atlet melainkan juga memberikan multiplier effect economy yang besar bagi masyarakat," ujar Bamsoet, usai menerima Ketua IMI Provinsi Jambi Guntur Muchtar, di Jakarta, Jumat (7/10).

Ketua MPR ini menjelaskan, berbagai event Kejurnas tersebut diharapkan bisa memberikan multiplier effect economy yang besar bagi masyarakat. Diperkirakan perputaran uang di masyarakat bisa mencapai Rp 15 miliar-Rp 20 miliar, baik dari sektor penginapan, transportasi, kuliner, hingga transportasi lokal.

Baca juga : Ketum KNPI Haris Dukung Presiden Evaluasi Liga Indonesia

"Suwarnadwipa Nusantara Circuit bukan sekadar sirkuit biasa. Keberadaannya telah menjadi ikon sport automotive tourism di Jambi, dan bahkan diharapkan menjadi sentra otomotif di Pulau Sumatera. Mengingat lokasinya yang sangat strategis, dapat diakses dengan mudah dari Medan maupun Lampung," jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini menerangkan, Suwarnadwipa Nusantara Circuit dibangun di atas lahan seluas 25 hektar. Memiliki panjang track sekitar 8,4 kilometer dengan lebar minimum 8 meter, dan lebar tikungan 12 meter.

Baca juga : Ketum IMI Dukung Kendaraan Listrik Bekas G20 Diserahkan Ke Pemprov Bali

"Permukaan lintasannya berupa tanah laterit, lapisan berupa campuran tanah dan pelapukan batu andesit, yang bersifat mengikat kadar air. Menjadikan lintasan track tidak licin disaat hujan deras. Sekaligus mampu menyimpan kandungan air, jadi disaat cuaca panas, lintasan track tidak terlalu berdebu. Menjadikannya sebagai sirkuit yang berkarakter high speed, memberikan tantangan tersendiri bagi para pembalap," pungkas Bamsoet.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.