Dewan Pers

Dark/Light Mode

IMI Dorong Penyelenggaraan Kejurnas Otomotif Di Jambi

Jumat, 9 September 2022 13:31 WIB
Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo (tengah) menerima Bupati Tanjung Jabung Timur Romi Hariyanto dan Ketua IMI Jambi Guntur Muchtar, di Jakarta, Jumat (9/9). (Foto: Dok. IMI)
Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo (tengah) menerima Bupati Tanjung Jabung Timur Romi Hariyanto dan Ketua IMI Jambi Guntur Muchtar, di Jakarta, Jumat (9/9). (Foto: Dok. IMI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo menerima Bupati Tanjung Jabung Timur Jambi Romi Hariyanto dan Ketua IMI Jambi Guntur Muchtar, yang melaporkan berbagai kesiapan penyelenggaraan kejuaraan balap nasional yang akan diselenggarakan. Sekaligus melaporkan kesiapan menyelenggarakan Miss IMI Jambi 2022 yang akan diselenggarakan pada 8 Oktober 2022.

Berbagai kejuaraan nasional yang akan diselenggarakan di Jambi antara lain, Kejuaraan Nasional Motoprix Piala Presiden Republik Indonesia Region A Sumatera pada 8 Oktober 2022 di Zabaq National Circuit, di Tanjung Jabung Timur dan Kejuaraan Nasional Adventure pada 15-16 Oktober 2022 dan Kejuaraan Nasional Sprint Rally pada 21-22 Oktober 2022. "Keduanya akan diselenggarakan di Suwarnadwipa Nusantara Permanent Circuit, di Muara Bungo Jambi," ujar Bamsoet, sapaan akrab Bambang, usai menerima Bupati Tanjung Jabung Timur Romi Hariyanto dan Ketua IMI Jambi Guntur Muchtar, di Jakarta, Jumat (9/9).

Berita Terkait : Jababeka Dukung Peran Remaja Kurangi Stunting Di Kab Bekasi

Ketua MPR ini menerangkan, Jambi memiliki dua sirkuit berkualitas. Pertama, Zabaq National Circuit sebagai sirkuit road race permanen, yang terletak di Tanjung Jabung Timur. Zabaq National Circuit diresmikan Bamsoet bersama Gubernur Jambi Al Haris serta Bupati Tanjung Jabung Timur Romi Hariyanto pada 5 Desember 2021. Memiliki luas sekitar 45 hektar, panjang lintasan mencapai 2.500 meter dengan 14 tikungan.

Kedua, Suwarnadwipa Nusantara Permanent Circuit, yang diresmikan pada tahun 2019. Ini merupakan sirkuit permanen pertama yang dibangun di Jambi, sekaligus menjadi sirkuit track tanah terbesar dan terpanjang di Indonesia. Dibangun di atas lahan seluas 25 hektar, Suwarnadwipa Nusantara Permanent Circuit memiliki panjang track sekitar 8,4 kilometer dengan lebar 6 hingga 8 meter. "Menjadikannya sebagai sirkuit yang berkarakter high speed, yang bisa menyelenggarakan Sprint Rally hingga Speed Offroad," jelas Bamsoet.

Berita Terkait : DPRD Dorong DKI Perbanyak Bangun Rusunawa

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini menerangkan, selain di Tanjung Jabung Timur dan di Bungo, rencananya Jambi juga akan memiliki satu sirkuit lagi. Karena Pemerintah Kabupaten Batanghari berencana membangun sirkuit road race di samping Pasar Ternak, Kecamatan Muara Bulian.

"Keluarga besar IMI Pusat dan IMI Jambi bersama pemerintah daerah setempat berkomitmen untuk memaksimalkan potensi berbagai sirkuit yang ada di Jambi agar bisa dimanfaatkan secara baik untuk menggeliatkan olahraga dan mobilitas otomotif di Jambi. Sekaligus memberikan multiplier effect economy yang besar bagi masyarakat sekitar, serta menjadi tambahan pemasukan bagi Pendapatan Asli Daerah," pungkas Bamsoet.■