Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Performa Buruk Jelang Piala Dunia Qatar 2022

Coutinho Bisa Digusur

Jumat, 28 Oktober 2022 07:00 WIB
Philippe Coutinho. (Foto: Net).
Philippe Coutinho. (Foto: Net).

RM.id  Rakyat Merdeka - Performa buruk Philippe Coutinho di Aston Villa musim ini membuatnya terancam tergusur dari Timnas Brasil di Piala Dunia Qatar 2022.

Pelatih Timnas Brazil, Tite, bahkan dilaporkan telah siap mencoret nama sang pemain dari skuad yang akan tampil pada Piala Dunia 2022 Qatar. Seperti dikutip dari ABC kemarin, Tite juga telah menyiapkan sejumlah talenta lain yang siap dimainkannya di ajang empat tahunan itu.

Situasi tidak bagus bagi Coutinho ini tak lepas dari buruknya performanya bersama Aston Villa. Dia belum mencetak gol atau assists dalam 12 pertandingan di semua kompetisi musim ini. Coutinho juga tak bisa membantu Aston Villa lebih banyak di Liga Inggris. Mereka hanya terpaut tiga poin dari zona degradasi.

Baca juga : Zidane Ngarep Warga Dukung Prancis Juara

Gelandang serang berusia 30 tahun tersebut didatangkan ke Aston Villa oleh pelatih saat itu yang juga mantan rekan satu timnya di Liverpool, Steven Gerrard, pada bulan Januari lalu sebagai pemain pinjaman.

Hingga akhir musim 2021- 2022, Coutinho mencetak lima gol dan tiga assists dalam 19 pertandingan Liga Inggris, yang membuat Aston Villa yakin untuk mempermanenkan jasanya selama empat tahun dengan nilai transfer senilai 17,2 juta poundsterling, atau setara dengan Rp 323 miliar.

Sayangnya, ia tak bisa menemukan performa terbaiknya kembali di musim ini. Dia sedang bersaing untuk mendapatkan tempat di lini depan timnas Brasil yang penuh dengan pemain-pemain berbakat. Bersama timnas Brasil, Coutinho telah mencetak 21 gol dalam 69 pertandingan. Ia juga selalu bermain di empat laga kualifikasi Brasil pada awal tahun 2022.

Baca juga : Prioritaskan Produk Dalam Negeri, 2 Vaksin Covid-19 Siap Dipasarkan

Namun, mantan pemain Liverpool belum bermain lagi bersama Brasil sejak ia dimasukkan sebagai pemain pengganti pada kemenangan Brasil melawan Korea Selatan dengan skor 5-1 pada 2 Juni 2022.

Ada kemungkinan besar Tite akan mengganti Coutinho dengan bintang Flamengo, Everton Ribeiro, saat ia mengumumkan timnya pada 7 November mendatang. Nama lain yang gencar disebutkan bisa mengisi tempat Coutinho di timnas Brasil adalah gelandang serang Liverpool, Roberto Firmino.

Performa Firmino di Liverpool di musim ini juga bisa meyakinkan Tite. Firmino telah mencetak delapan gol dalam 15 laga dan cocok bermain di posisi Coutinho.

Baca juga : Banteng Diburu MU Dan PSG

Walaupun berhasil masuk daftar pemain yang dibawa Tite ke Qatar nanti, Coutinho juga masih harus bersaing untuk mendapatkan menit bermain dengan para pemain lain.

Juara Piala Dunia lima kali tersebut punya skuad yang mewah di lini depan, dengan nama-nama seperti Neymar, Rapinha, Vinicius Jr, Lucas Pacqueta, dan lainnya.

Tak heran, fleksibilitas yang Tite punya bersama Timnas Brasil itu menjadikan mereka sebagai salah satu favorit untuk meraih juara Piala Dunia keenam kalinya tahun ini. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.