Dewan Pers

Dark/Light Mode

Kemenpora Gelar Beach Trail Run di Pelabuhan Ratu Sukabumi

Senin, 31 Oktober 2022 07:00 WIB
Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora Raden Isnanta saat melepas acara. (Foto : ist)
Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora Raden Isnanta saat melepas acara. (Foto : ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menggelar Beach Trail Run di Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat pada Minggu (30/10). Ajang ini diharap dapat mendongkrak pariwisata olahraga di Tanah Air dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Untuk mendongkrak pariwisata olahaga, andalannya adalah dengan melakukan olahraga berbasis gunung, pantai, dan wisata alam lainnya,” kata Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora Raden Isnanta dalam keterangan tertulisnya, Senin (31/10). 

“Ini bukti Kemenpora selalu mau mengajak masyarakat untuk sama-sama meningkatkan kesejahteraan ekonomi, namun tetap mementingkan kebugaran,” sambung Deputi Isnanta.

Berita Terkait : Blusukan Ke Pasar Besar Malang, Mendag Pastikan Harga Bapok Stabil

Sementara itu, Bupati Sukabumi Marwan Hamami mengaku sport tourism didaerahnya terus dikembangkan. Seluruh potensi yang ada akan dipromosikan. 

“Sedang dikembangkan dan digalakkan seluruh potensi sport tourism di Sukabumi. Jawa Barat sudah tercatat secara internasional tetapi justru tidak masuk di 10 destinasi prioritas Indonesia.” kata Marwan.

Beach Trail Run kni diikuti 1.100 peserta. Mereka berasal dari berbagai daerah. Mulai dari Yogyakarta, Sigi, Balikpapan, Lampung, Palembang, Medan, Maros, Ponorogo, Surabaya, Makassar, dan Ambon.

Berita Terkait : Kepala BPIP: Santri Berperan Dalam Pembangunan Bangsa

Adapun rute lari sepanjang 10 kilometer, dimulai dari Pantai Batu Bintang dan berakhir di Grand Inna Samudra Beach. Terdapat tiga kategori dalam Beach Trail Run ini, yaitu kategori pelajar (usia dibawah 18 tahun), kategori umum (usia 19-49 tahun), dan kategori master (diatas 50 tahun). Seluruh peserta terlihat sangat antusias dalam mengikuti seluruh rangkaian acara.

“Karena ini adalah trail run, tentu terdapat beberapa hal yang perlu kami persiapkan sebelum race, yaitu dengan memperhatikan nutrisi dan melakukan latihan, dari easy run sampai long run,” kata salah seorang perwakilan dari Happy Runners Sukabumi, Yeni.

Dikesempatan yang sama, Cholil yang berhasil meraih juara pertama pada kategori master mengungkapkan kunci dari keberhasilan atas capaiannya ini. Pria 51 tahun tersebut rutin berlatih fisik yakni gym.

Berita Terkait : Projek Adlight Kementerian ESDM Gelar Sosialisasi Pemberlakuan Kebijakan SKEM

“Karena memang dari dulu suka olahraga jadi saya sangat enjoy dalam mengikuti kegiatan ini. Harapannya semoga kedepannya acara ini dapat dilaksanakan secara berkala, jangan sampai puas hanya dengan satu kali kegiatan,” pungkasnya.