Dark/Light Mode

Jika Iwan Bule Mundur, Erick Thohir Bakal Jadi Calon Kuat Bos PSSI

Senin, 31 Oktober 2022 19:33 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto : ist)
Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto : ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengamat Football Institute, Budi Setiawan mengatakan ada  beberapa nama yang layak jadi calon ketum PSSI apabila Mochamad Iriawan mundur. Salah satunya adalah Erick Thohir.

Menteri BUMN ini mencuat setelah Mochammad Iriawan dan anggota Exco PSSI lainnya diminta mundur oleh Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) Kanjuruhan.

Meski secara normatif, pemerintah tidak bisa mengintervensi PSSI. Namun TGIPF menilai sudah sepatutnya ketua umum PSSI dan jajarannya mundur sebagai bentuk pertanggungjawaban moral atas jatuhnya ratusan korban jiwa.

"Ada beberapa nama yang beredar seperti sosok Erick Thohir, menurut saya orang yang pantas untuk maju sebagai ketua PSSI, yang kedua ada Hary Tanoesoedibjo yang sudah menjadi ketua Asosiasi Futsal selama kurun waktu lebih dari 7 tahun, lalu ada pak Ahsanul Khosasih sebagai Presiden Klub Madura United," jelasnya dalam jumpa pers dengan media, Senin (31/10).

Baca juga : Revitalisasi Industri Gula Nasional, Langkah Erick Thohir Jaga Ketahanan Pangan RI

"Tiga orang itu punya profil yang bagus. Namun jika ada nama-nama lain dan lebih berkompeten, silakan saja," tambahnya.

Lembaga independen Football Institute merilis survei terhadap kinerja PSSI dalam penanganan tragedi Kanjuruhan. Hasilnya, mayoritas suporter menyatakan tidak puas.

Founder Football Institute itu mengatakan, survei tersebut diambil dengan tema 'Persepsi Fans Sepak Bola Nasional Terhadap Kondisi Sepak Bola Nasional'. Salah satu poin survei membahas penilaian suporter terhadap tanggung jawab PSSI dalam penanganan tragedi Kanjuruhan.

"(Sebanyak) 35 persen (suporter menilai PSSI) tidak bertanggung jawab. (Sementara) 28 persen (suporter menilai PSSI) bertanggung jawab," kata Budi.

Baca juga : Erick Thohir Ungkap Kesan Mendalam Saat Berkunjung Ke Pesantren

Pria berkacamata itu mengatakan ada tiga penilaian lainnya kepada PSSI terkait hal itu. Penilaian itu dengan masih tingginya angka tidak puas.

"(Sebanyak) 17,9 persen (supporter menilai PSSI) sangat tidak bertanggung jawab, 14,1 persen netral, dan 3,5 persen sangat bertanggung jawab," terangnya.

Budi mengatakan, hasil survei tersebut sudah diberikan kepada Presiden RI Joko Widodo. Dengan begitu, Kepala Negara mengetahui suara para suporter di Indonesia.

"Kami serahkan kepada presiden. Harapan presiden bisa membaca hasil survei, terkait sikap suporter terkait Kanjuruhan," tandasnya.

Baca juga : Libatkan Petani, Erick Thohir Dorong Swasembada Gula

Survei tersebut dilakukan dalam kurun waktu 15-21 Oktober 2022 yang melibatkan 1200 responden dari suporter tersebar di enam kota, yakni Jakarta, Bandung, Semarang, Solo, Surabaya, dan Malang. Metode sampling dengan menggunakan multi random dengan margin error 2,83 persen dan confident interval 95 persen.

Untuk suporter yang dilibatkan dalam survei itu dengan kategori, yakni pendukung salah satu tim besar, rutin menonton sepak bola selama satu musim, dan secara rutin menyaksikan tayangan sepak bola nasional di televisi. Kategori lainnya, yaitu memiliki alokasi anggara untuk mendukung tim kebangaan di Liga 1.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.