Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Timnas Meksiko Tersingkir

Pelatih Tata Martino Out

Jumat, 2 Desember 2022 07:00 WIB
Gerardo ‘Tata’ Martino. (ANTARA/AFP/ALFREDO ESTRELLA).
Gerardo ‘Tata’ Martino. (ANTARA/AFP/ALFREDO ESTRELLA).

RM.id  Rakyat Merdeka - Timnas Meksiko gagal melaju ke babak 16 besar Piala Dunia Qatar 2022. Buntutnya, pelatih Gerardo ‘Tata’ Martino harus out atau ke luar dari Timnas Meksiko.

Tata Martino mengungkapkan, dia tak lagi melatih Meksiko usai ditumbangkan Timnas Argentina 0-2 di Lusail Stadium, beberapa waktu lalu. Dengan kekalahan itu, El Tri ---julukan Timnas Meksiko-- memastikan mereka gagal melangkah ke babak 16 besar Piala Dunia untuk pertama kalinya sejak edisi 1990.

Baca juga : Belgia Out, Pelatih Martinez Langsung Cabut

“Saya bukan lagi pelatih Timnas Meksiko setelah peluit tanda berakhirnya pertandingan. Saya tak dipecat, tapi karena kontrak bersama Timnas Meksiko memang sudah habis,” kata Martino dalam konferensi pers usai laga seperti dikutip dari ABC, kemarin.

Dia lantas mengakui bahwa dirinya adalah pihak pertama yang bertanggung jawab atas kekecewaan dan frustasi yang alami fans. “Saya yang bertanggung jawab atas kegagalan besar ini. Saya minta maaf kepada semua,” ujarnya.

Baca juga : Tips Pemimpin Masa Kini Versi Ganjar Kepada Ratusan Anak Muda

Permintaan maaf ini tak lepas karena dirinya yang merasa telah mencetak sejarah buruk Meksiko di Piala Dunia. Sebab, ini kali pertamanya Meksiko gagal lolos ke fase gugur sejak Piala Dunia 1990, ketika saat itu mereka dilarang mengikuti turnamen. Terakhir kali, El Tri gagal melaju dari fase grup adalah pada edisi 1978.

Gelandang tengah Timnas Meksiko Orbelin Pineda mengaku sedih atas kegagalan ini. Tapi, dia sadar bahwa semua ini adalah pertandingan sepakbola dimana ada menang dan kalah. “Ketika Anda harus memanfaatkan peluang, Anda harus memberikan yang terbaik. Jika tidak, begini hasilnya. Kami tersingkir dan ini sangat menyedihkan,” ujarnya.

Baca juga : Wales Tersingkir, Pelatih: Sulit Diterima

Meski demikian, Meksiko tetap memiliki kenangan baik selama perhelatan Piala Dunia 2022. Mereka sukses mengalahkan Arab Saudi 2-1 dalam pertandingan grup terakhir, walau belum cukup untuk membuat mereka lolos ke babak 16 besar karena kalah selisih gol dari Polandia di klasemen akhir Grup C.

Tim asuhan Tata Martino itu hanya meraih satu poin dari dua pertandingan pertama mereka di Qatar, dan gagal mencetak gol saat bermain imbang dengan Polandia dan kalah dari Argentina. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.