Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dana Otsus Semakin Dirasakan Masyarakat Papua

Rabu, 23 November 2022 17:10 WIB
Bupati Puncak Jaya Yuni Wonda. (Foto: Istimewa)
Bupati Puncak Jaya Yuni Wonda. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dana Otonomi Khusus (Otsus) kini semakin dirasakan manfaatnya bagi masyarakat Papua. Pemerintah Kabupaten Puncak Jaya, misalnya, mengelola dana Otsus untuk peningkatan kualitas dan daya saing Sumber Daya Manusia (SDM) mereka.

Pemkab Kabupaten Puncak Jaya memberi beasiswa tingkat strata satu (S1) hingga strata tiga (S3). Bupati Kabupaten Puncak Jaya, Jaya Yuni Wonda menyatakan bahwa terdapat sekitar 500 mahasiswa dari wilayahnya mendapat beasiswa yang kini belajar di berbagai perguruan tinggi di seluruh wilayah Indonesia.

Baca juga : Dekat Dengan Masyarakat, Ganjar Didukung Para Kiai Di Kabupaten Tuban

"Beasiswa diperuntukkan bagi mahasiswa yang berasal dari Puncak Jaya. Baik itu program S1 hingga S3 dibiayai melalui beasiswa," ujar Bupati Wonda dalam keretakannya, Rabu (23/11).

Selain itu, Bupati Wonda menerangkan bahwa dana Otsus juga digunakan untuk merehabilitasi asrama mahasiswa yang berada di lima kota, yaitu Jayapura, Manokwari, Manado, Makasar, dan Yogyakarta.

Baca juga : Ini 28 Pemain Yang Disiapkan Untuk Piala AFF 2022

Diketahui, Dana Otsus bagi Pemerintah Daerah Kabupaten Puncak Jaya sebesar Rp 80 miliar. Adapun anggaran bagi bidang pendidikan Puncak Jaya sebesar Rp 10 miliar. Termasuk beasiswa mahasiswa yang berasal dari Kabupaten Puncak Jaya.

Begitu juga untuk membangun sekolah dan sarana fasilitas lain sesuai peruntukannya. Bupati Wonda pun mengemukakan bahwa ada empat program yang dibiayai Dana Otsus, antara lain; bidang pendidikan, kesehatan, infrastruktur, dan perekonomian khusus untuk Orang Asli Papua (OAP).

Baca juga : Barbie Hsu, Tak Dinafkahi Mantan

"Dana Otsus sangat membantu masyarakat khususnya OAP yang ada di Kabupaten Puncak Jaya karena dana tersebut memang diperuntukkan bagi keempat program," tutup Bupati Wonda. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.