Dark/Light Mode

Atlet BIN Tennis Club Dominasi Rajawali Womens Tennis Open 2022

Minggu, 4 Desember 2022 18:43 WIB
Atlet tenis putri dari BIN Tennis Club keluar sebagai juara satu dan dua nomor tunggal turnamen nasional Rajawali Womens Tennis Open 2022. (Foto: Ist)
Atlet tenis putri dari BIN Tennis Club keluar sebagai juara satu dan dua nomor tunggal turnamen nasional Rajawali Womens Tennis Open 2022. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dua atlet tenis putri dari BIN Tennis Club keluar sebagai juara satu dan dua nomor tunggal turnamen nasional Rajawali Women's Tennis Open 2022. Fitriana Sabrina dan saudari kembarnya Fitriani Sabatini, berlaga di laga all-BIN-Tennis-Club final dengan kemenangan sang kakak, Ana—panggilan akrab Fitriana. 

Kedua petenis nasional itu, Ana dan Ani, mempertontonkan pertandingan yang memukau dan berkelas. Meski, pada akhirnya Ani harus mengakui keunggulan Ana dengan skor 6-4, 6-3. Ana mengaku bisa bermain maksimal walau bahu kirinya mengalami cidera. 

"Meskipun saya sakit bahu karena ketarik (cidera) tapi saya bisa mengendalikan permainan Ani yang sangat bagus hari ini, dan kemenangan dipihak saya hari ini," ujar Ana usai laga yang berlangsung di lapangan tenis The Sultan Hotel & Residence Jakarta, Minggu siang (4/12).

Ana dan Ani mengaku sangat senang bisa keluar sebagai juara dalam turnamen yang terlaksana atas kerjasama Persatuan Olahraga Badan Intelijen Negara, Pengurus Pusat Persatuan Lawn Tenis Indonesia (PP Pelti), dan Women in Sport National Olympic Committee (WINS NOC) Indonesia ini. Kejuaraan nasional yang bertujuan untuk terus mengembangkan olahraga tenis di Tanah Air ini diinisiasi dan didukung penuh oleh Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Jend Polisi (Purn) Budi Gunawan. 

Baca juga : 4 Petenis DKI Dominasi Kejuaraan Tenis Greenfields Master 2022

Ana dan Ani yang selama ini berlatih di BIN Tennis Club mengekspresikan rasa syukurnya bisa bergabung di klub binaan BIN tersebut. Menurut petenis kembar asal Jakarta ini, pola pembinaan atlet di BIN Tennis Club sangat baik. Para atlet tak hanya mendapatkan jadwal yang pas, pelatih terbaik nasional, berbagai fasilitas, tapi juga sejumlah turnamen sebagai ajang untuk terus berkembang dan menjadi lebih baik lagi. Mereka menyakini atlet binaan PORBIN bisa membawa nama Indonesia bisa lebih berprestasi di kancah nasional hingga internasional. 

"Kami sangat senang bisa terus berkembang, dan terbukti bisa menjadi juara di event ini. Tentu semua ini tak terlepas dari dorongan dan dukungan Bapak Kepala BIN selama ini kepada kami, juga kepada semua atlet yang tergabung dalam PORBIN. Kami yakin dengan pola pembinaan dan fasilitas serta sarana yang ada, PORBIN akan banyak membantu pengembangan olahraga di Indonesia,” papar Ana.

Penyerahan piala juara kesatu diwakili oleh Deputi IX BIN, Rudy Arfiansyah, dan juara kedua diberikan oleh Kepala Biro Umum Settama BIN, Brigjen TNI Mujahidin.

Tak hanya mengamankan tempat pertama dan kedua di nomor tunggal, pada partai ganda putri sehari sebelumnya, Sabtu (3/12) Ana dan Ani juga berhasil merebut juara dua. Mereka harus mengakui keunggulan pasangan Novela Rezha dan Fadona Titalyana dalam final dengan skor 5-7, 6-5, 8-10. 

Baca juga : Top, Atlet DKI Boyong 30 Medali di Kejurnas Panahan Junior 2022

Turnamen seperti ini menjadi ajang persiapan bagi Ana dan Ani untuk agenda kejuaran Internasional yang dijadwalkan akan berlangsung Februari mendatang. 

Bonus Dari Kepala BIN

Untuk terus memotivasi para atlet dan pelatih yang ambil bagian pada turnamen Rajawali Women's Tennis Open 2022 ini, Kepala BIN sebagai pembina PORBIN memberikan bonus uang pembinaan. Penyerahan uang pembinaan diwakilkan kepada Kabiro Umum Settama BIN, Brigjen TNI Mujahidin.  Kejuaraan ini sendiri diikuti 35 atlet (kategori tunggal 32, kategori ganda 16). Total hadiah kejuaraan ini Rp 100 juta. 

Event khusus untuk atlet putri ini digagas oleh Kepala BIN, Budi Gunawan dengan pertimbangan bahwa pada saat ini turnamen tenis putri sangat jarang dan harus kembali digiatkan untuk persiapan atlet putri ke Sea Games Kamboja, Mei 2023 serta event lainnya.

Baca juga : Survei SPIN: Prabowo Subianto Masih Rajai Elektabilitas Capres 2024

Diharapkan turnamen di pengujung tahun ini dapat menggairahkan kembali kebangkitan dan kejayaan tenis putri Indonesia serta bisa menciptakan sejarah baru bagi olahraga tenis Tanah Air.

Rajawali Women’s Tennis Open 2022 tercatat sebagai TDP (Turnamen Diakui Pelti) sehingga memberikan poin Peringkat Nasional Pelti (PNP). Selain itu, peserta turnamen juga berkesempatan mendongkrak poin Universal Tennis Rating (UTR) yang berlaku secara internasional.

Peran serta BIN melalui PORBIN dalam rangka mendukung kemajuan olahraga nasional khususnya cabor tenis merupakan salah satu upaya untuk membentuk character building pemuda-pemudi Indonesia, agar mampu mengharum nama Indonesia di tingkat Internasional.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.