Dark/Light Mode

Tumbangkan Brasil Secara Dramatis

Kroasia Sesumbar Bakal Jadi Juara

Minggu, 11 Desember 2022 07:00 WIB
Timnas Kroasia. (Foto: Net).
Timnas Kroasia. (Foto: Net).

RM.id  Rakyat Merdeka - Kejutan kembali terjadi diajang Piala Dunia 2022. Timnas Kroasia sukses menumbangkan tim unggulan Brasil lewat drama adu penalti di babak perempat final di Education City, dini hari kemarin.

Duel babak perempatfinal ini berujung adu penalti karena waktu full time ditutup dengan skor imbang 0-0, dan laga kembali imbang 1-1 di babak tambahan.

Atas keberhasilan ini, pelatih Kroasia Zlatko Dalic semakin bertekad untuk timnya memenangkan Piala Dunia 2022. Dia tak mau kembali mengalami kegagalan sama seperti empat tahun lalu.

“Saya sangat bangga atas perjuangan seluruh pemain dan pencapaian ini. Tapi, kami tidak boleh terlena. Kami harus tetap fokus pada tujuan yakni menjadi juara dunia,” kata Zlatko Dalic seperti dikutip dari Sky Sport, kemarin.

Baca juga : Pele Bangga Dengan Mbappe

Menurutnya, Kroasia adalah tim cerdas, kuat dan punya tempramen luar biasa. Jadi jangan heran bila timnya untuk kali kedua secara beruntun berhasil melangkah ke semifinal dan berhasil menyingkirkan salah satu tim favorit juara.

“Sekarang, kami kembali ke semi-final dan akan terus berjuang hingga titik akhir. Kami akan melangkah ke final dan menjadi juara,” ujarnya.

Atas hasil ini, Kroasia berhasil mencapai semi-final Piala Dunia dua kali beruntun setelah mereka juga melakukan hal yang sama di Rusia pada 2018. Bahkan, Vaterni mampu melaju hingga ke final,sayang mereka dikalahkan oleh Prancis yang superior.

Setelah menyingkirkan Brasil, Kroasia akan kembali berhadapan dengan tim dari Amerika Selatan lainnya, Argentina, di babak semi-final, Rabu (14/12) dini hari. Argentina melangkah ke semi final, setelah mengalahkan Belanda lewat adu penalti.

Baca juga : Usut Wasit Mateu Lahoz!

Penjaga gawang Timnas Kroasia, Dominik Livakovic terus dielus-elus warga Kroasia. Ia telah menjadi pujaan warga Kroasia ketika melakukan tiga penyelamatan di babak 16 besar melawan Jepang yang juga harus diakhiri dengan adu penalti. Di laga perempat final melawan Brasil, Livakovic melakukan sejumlah penyelamatan penting untuk membuat laga waktu normal berakhir imbang tanpa gol.

Penjaga gawang berusia 27 tahun itu melakukan sepuluh penyelamatan dalam laga melawan Selecao, salah satu unggulan untuk menjadi juara Piala Dunia tahun ini. King Livi Livakovic, yang bermain untuk Dinamo Zagreb, telah dijuluki King Livi oleh para penggemar Kroasia selepas laga melawan Jepang. Statusnya sebagai pahlawan kembali terpatri selepas kemenangan atas Brasil di Stadion Education City.

“Kami tahu, jika laga harus diselesaikan dengan adu penalti, kami lebih unggul,” ujar bek Kroasia Borna Sosa. “Dia telah berulang kali menunjukkan bahwa dirinya adalah kiper yang luar biasa.

“Dia memberi kami rasa percaya diri karena melawan tim seperti Brasil, mereka akan membuat peluang,” ujarnya.

Baca juga : Tim Rambut Putih Kalah, Tanda-tanda Buruk Nih...

Tanpa kehadiran Livakovic, Kroasia bisa saja kalah dari Brasil. Penjaga gawang itu sukses mementahkan peluang Neymar dan menahan gempuran Paqueta. “Ada beberapa momen Brasil nyaris mencetak gol. Dia (Livakovic) adalah penyelamat kami di beberapa momen krusial. Itu memberi kami kepercayaan diri,” ungkap pelatih Kroasia Zlatko Dalic. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.