Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Inggris Vs Prancis: 1-2

Nyali Ayam Jantan Tekuk Tiga Singa

Senin, 12 Desember 2022 07:00 WIB
Olivier Giroud. (Foto: Net).
Olivier Giroud. (Foto: Net).

RM.id  Rakyat Merdeka - Peluang Timnas Prancis untuk mempertahankan gelar juara Piala Dunia terbuka lebar. Tim Ayam Jantan sukses memastikan tempat di semifinal Piala Dunia 2022 setelah menaklukkan Inggris 2-1. Olivier Giroud menjadi pahlawan Prancis.

Giroud mencetak gol penentu kemenangan Prancis Timnas Prancis--pada menit ke-78. Sedangkan satu gol Prancis lain dicetak Aurelien Tchouameni pada menit ke-17. Kapten Timnas Inggris Harry Kane menyumbangkan satu gol untuk The Three Lions--julukkan Timnas Inggris--lewat tendangan penalti pada menit ke-54.

“Ini luar biasa karena itu pertandingan besar melawan Tim Inggris yang merupakan Tim dengan kualitas sangat bagus, sangat luar biasa bisa masuk ke empat besar sekali lagi setelah 2018,” kata pelatih Prancis, Didier Deschamps.

Baca juga : Deschamps Dihantui Kutukan

Inggris sejatinya memiliki kesempatan untuk menyamakan kedudukan menjadi 2-2 saat mereka mendapat hadiah penalti kedua pada menit ke-84. Sialnya, Kane yang kembali menjadi algojo gagal memanfaatkan peluang itu karena bola tendangannya melambung di atas mistar gawang.

“Kami semacam memberi mereka amunisi dengan dua penalti, tetapi kami menunjukkan hati dan nyali untuk mempertahankan hasil,” ujar Deschamps.

Giroud mengatakan Prancis harus menggunakan kekuatan mental mereka untuk mempertahankan kedudukan 2-1 atas Inggris. Pesepak bola berusia 36 tahun itu menyebut kemenangan ini mengingatkannya dengan Piala Dunia 2018 saat Prancis menekuk Belgia di semifinal.

Baca juga : Neymar Hancur Secara Psikologis, Lumpuh 10 Menit

“Luar biasa. Kami bekerja sangat keras dalam bertahan saat unggul. Itu mengingatkan saya dalam pertandingan menghadapi Belgia pada 2018,” kata Giroud.

Kemenangan ini membuat Prancis kian dekat dengan final piala dunia kedua mereka berturut-turut. Prancis selanjutnya bakal menghadapi Maroko di babak semifinal. Singa Atlas--julukan timnas Maroko--berhasil mencapai semifinal setelah menumbangkan Portugal di perempat final. Gol milik Youssef En-Nesyri membawa Maroko menang dengan skor 1-0.

Sementara itu, kapten Timnas Inggris, Harry Kane yang dianggap biang kerok kekalahan Inggris mendapat empati dari kiper Les Bleus-julukan Timnas Prancis-Hugo Lloris.

Baca juga : Keajaiban Maroko Masih Jadi Buah Bibir

“Saya ingin jujur dengan Anda. Saya merasakan kesedihan sama seperti Kane. Dia teman saya, dan saya sangat menghormatinya,” kata Lloris.

Namun demikian, Lloris tak memungkiri kegagalan rekannya membuat Prancis diuntungkan. Termasuk soal Kane yang tidak butuh waktu lama untuk melewati masalah yang membebani pikiran dan perasaan itu. “Prancis memang diuntungkan dari kegagalan dia mengeksekusi penalti. Tapi saya tahu dia kuat, dan tidak akan memikirkannya terlalu lama,” tuturnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.