Dark/Light Mode

Piala AFF 2022

Skuad Garuda Menang Tipis, STY Kecewa Berat

Selasa, 3 Januari 2023 05:50 WIB
Selebrasi Marselino Ferdinand (kanan) dan Saddil Ramdani usai mencetak gol ke gawang Filipina. (Foto : PSSI)
Selebrasi Marselino Ferdinand (kanan) dan Saddil Ramdani usai mencetak gol ke gawang Filipina. (Foto : PSSI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong kecewa berat timnas Indonesia gagal menjadi juara grup A Piala AFF 2022.

Egy Maulana Vikri Cs hanya menang tipis dengan skor 2-1 atas Filipina pada laga pamungkas Grup A Piala AFF 2022 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Senin (2/1) malam. 

Hasil ini menempatkan Skuad Garuda lolos semifinal dengan status runner-up. Thailand yang unggul 3-1 atas Kamboja berhak jadi juara grup A. 

"Saya sangat tidak puas dengan pertandingan itu dan sangat tidak senang," ujar Shin dalam konferensi pers usai pertandingan.

Baca juga : Skuad Garuda Adaptasi Rumput Sintesis

Juru taktik asal Korea Selatan kesal lantaran anak-anak asuhnya tidak dapat menciptakan gol tambahan dari banyaknya peluang.

Pada laga kontra Filipina, berdasarkan statistik resmi Piala AFF 2022, Indonesia membuat total 16 tendangan, dengan tujuh di antaranya tepat sasaran dan sembilan melenceng.

Catatan tersebut jauh lebih baik daripada lawannya yang membuat delapan tembakan, di mana cuma empat yang menuju target.

"Saya menegaskan kepada pemain agar mencetak gol ketika mendapatkan peluang. Hari ini ternyata sama, kami tidak bisa memanfaatkan peluang dengan baik padahal performa terus meningkat. Saya kecewa dan ini harus dievaluasi," tutur Shin.

Baca juga : Spaso: Kami Harus Disiplin Bermain Di Kandang Filipina

Indonesia (selisih gol +9) berada di peringkat kedua Grup A lantaran kalah selisih gol dari Thailand (+11) dengan sama-sama berpoin 10. Thailand, pada saat bersamaan, mengalahkan Kamboja dengan skor 3-1.

Di fase empat besar, Indonesia akan berjumpa dengan "runner up" Grup B pada 6 Januari 2023 dengan leg pertama digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, dan leg kedua di kandang lawan, 9 Januari 2023.

Grup B belum dapat menentukan posisi akhir klasemen karena tiga tim yang berpotensi melaju ke semifinal yakni Vietnam (peringkat satu, tujuh poin, selisih gol +9), Singapura (peringkat dua, tujuh poin, selisih gol +3) dan Malaysia (peringkat ketiga, enam poin dan selisih gol +3), baru akan bertanding pada Selasa (3/1).

Hari ini, Vietnam akan melawan Myanmar di Hanoi dan Malaysia berjumpa Singapura di Kuala Lumpur.

Baca juga : Timnas Imbang, Iwan Bule: Thailand Bukan Lawan Sembarangan

“Siapapun lawan yang akan kita hadapi, Indonesia harus siap untuk memenangi pertandingan. Karena target kita memang ke final dan juara, “ kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan.

Indonesia akan menjadi tuan rumah lebih dulu, Jumat (6/1) menghadapi juara Grup B di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Setelah itu baru menjalani laga away pada Senin (9/1).

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.