Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Liga 1 Indonesia

Sore Ini, Persebaya Waspadai Set Pieces The Guardian

Senin, 23 Januari 2023 11:05 WIB
Para pemain Persebaya di pentas Liga 1. (Foto : LIB)
Para pemain Persebaya di pentas Liga 1. (Foto : LIB)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sore ini, Senin (23/1) pukul 16.00 WIB, Persebaya Surabaya akan menggelar laga kandang perdana mereka menghadapi Bhayangkara FC di Stadion Gelora Joko Samudro Gresik. Jawa Timur.

Laga pekan ke-20 BRI Liga 1 2022/2023 itu akan menjadi kesempatan bagi Persebaya untuk menuntaskan dendam mereka yang takluk pada putaran pertama lalu.

Meski lawan dalam kondisi limbung usai menelan kekalahan dramatis dari Persik Kediri pekan lalu, namun Aji Santoso tak mau menganggap enteng kekuatan lawan.

Dia menilai The Guardian, julukan Bhayangkara FC adalah tim yang cukup tangguh terutama soal memanfaatkan situasi set pieces.

Hal inilah yang menjadi kewaspadaan tersendiri karena dalam beberapa pertemuan terakhir Persebaya selalu kesulitan meraih kemenangan saat bersua Bhayangkara FC.

Mereka juga kerap kali kebobolan dari situasi set pieces.

Baca juga : Bekuk Persita, Dewa United Makin Tokcer

“Bhayangkara FC memiliki pemain yang akurasinya sangat bagus dalam freekick. Untuk itu saya berpesan pada pemain bagaimana caranya untuk mengantisipasi itu (set pieces) di dalam latihan dan meeting,” kata pelatih Persela Lamongan itu.

Dia pun mewanti-wanti pemain untuk meminimalisir melakukan pelanggaran di sekitar area kotak penalti sendiri.

“Saya tekankan untuk menghindari supaya kita tidak melakukan pelanggaran tidak penting di daerah pertahanan,” imbuhnya.

Aji Santoso juga menegaskan tak mau terpaku pada catatan historis pertemuan kedua tim dalam beberapa waktu terakhir.

Menurutnya setiap pertandingan situasi dan tekanannya berbeda-beda sehingga dia optimistis apabila Leo Lelis dkk bermain maksimal dapat mengamankan tiga poin dari Bhayangkara FC.

“Saya adalah pelatih yang tidak pernah percaya dengan historis. Kalau pemain bisa tampil fight dan bagus saya pikir kesempatan kita untuk bisa memenangkan pertandingan,” pungkas Aji Santoso.

Baca juga : Spaso Cs Incar Kelemahan RANS Nusantara

Sementara itu, melihat lawan yang baru saja meraih kemenangan telak dari Persita Tangerang pekan lalu, Pelatih Bhayangkara FC Widodo Cahyono Putro menilai kekuatan Persebaya di putaran kedua jauh lebih baik dengan tambahan amunisi anyar dan kembalinya beberapa pemain mereka yang memperkuat Timnas Indonesia.

Dia meminta pemain untuk menjaga konsentrasi penuh dalam mengantisipasi pergerakan pemain Persebaya dan meminta Sani Rizki dkk untuk tidak terpaku pada satu atau dua pemain lawan.

Sebab dia menilai Persebaya di bawah arahan Aji Santoso merupakan tim yang cukup komplet secara permainan.

Secara terus terang, Widodo menyebut Marselino Ferdinan, Paulo Victor, Ze Valente, hingga Sho Yamamoto adalah pemain-pemain yang patut mendapat perhatian ekstra waspada dari penggawa The Gurdians.

“Ini yang perlu kita waspadai, pemain-pemain Persebaya yang bisa masuk ke sepertiga pertahanan kita, harus diwaspadai,” papar Widodo.

“Karena sepak bola tidak hanya terpaku pada satu tempat tapi bisa dari sisi kiri, sisi kanan, dan juga depan.”

Baca juga : PSIS Semarang Tembus 8 Besar, Riyan Jadi Pembeda

“Saya juga melihat mereka sangat dinamis saat melawan Persita (Tangerang) tidak dari satu sisi saja tapi dari beberapa lini,” lanjut eks juru taktik Bali United FC dan Persita Tangerang itu.

Widodo Cahyono Putro pun juga menginstruksikan barisan lini serang untuk bermain lebih efektif dalam memaksimalkan peluang menjadi gol. 

“Harus kita maksimalkan setiap peluang dikonversi menjadi gol. Itu yang terus kita evaluasi dari pertandingan sebelumnya,” tandasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.