Dark/Light Mode

Timnas Pelajar U16 Kemenpora Catat Hattrick di Gothia Cup 2019

Minggu, 18 Agustus 2019 09:58 WIB
Timnas U-16 binaan Kemenpora juara Gothia Cup 2019. (Foto : Kemenpora)
Timnas U-16 binaan Kemenpora juara Gothia Cup 2019. (Foto : Kemenpora)

RM.id  Rakyat Merdeka - Timnas Pelajar U16 Kemenpora yang mewakili Merah Putih di turnamen internasional bertajuk Gothia Cup sukses menambah catatan manis tiga kali juara alias mencetak hattrick.

Pada final di Qingdao, China, Gothia Cup 2019, tim pelajar Indonesia, berhasil menumbangkan tim pelajar asal Afrika Selatan, yakni Easterns High School FC di babak final dengan skor 5-0, Jumat (16/8). 

Baca juga : Sesmenpora Lepas Timnas U16 ke Gothia Cup di China

Tahun 2018 dan 2017, tim besutan Kemenpora juga juara. Agustus 2019, thun 2017, Timnas Pelajar Kemenpora U16 sukses mengunci gelar juara Malaysia Borneo Football Cup, turnamen yang berlangsung di Kinabalu, dengan Tier III AFC.

"Alhamdulillah bisa kembali juara. Berarti sudah tiga kali beruntun saya mengantar Tim Pelajar juara di turnamen internasional. Kualitas pemain yang ada memang bagus. Jadi tidak sulit buat saya menyatukan mereka sebagai tim," kata pelatih Tim Pelajar U16, Maman Suryaman dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (17/8).

Baca juga : Gowes Nusantara Kemenpora Tiba di Lhokseumawe

Kesuksesan kian berlipat setelah tim dari produk kompetisi berjenjang Liga Pelajar U16 Piala Menpora 2018 itu juga dinobatkan sebagai kesebelasan paling produktif. Mereka total mencetak 34 gol sejak fase grup sampai final. Gawang Tim Pelajar juga hanya kebobolan 1 kali.

Selain itu keberhasilan bertambah lengkap setelah Nadhif Girasta Kosasih terpilih sebagai pemain terbaik di kategori Boys 16. Ia dinilai mampu menjadi motor tim. "Saya terkejut jadi pemain terbaik. Soalnya rekan-rekan setim semua juga main bagus selama turnmen," kata Nadhif yang tahun lalu mengantarkan Trisakti FC juara Liga Pelajar U-16 Piala Menpora.

Baca juga : Kevin-Marcus Gagal Cetak Hattrick

"Ini kedua kalinya saya jadi pemain terbaik. Tahun lalu juga terbaik di kategori Boys 15 Gothia Cup China. Semoga ini jadi pendorong bagi saya untuk terus meningkatkan kemampuan. Saya masih  harus terus belajar," tutur Nadhif yang sekarang memperkuat PS Tira Persikabo U-16 itu.

Hasil yang dicapai Tim Pelajar di level internasional ini membuktikan kompetisi Liga Berjenjang, dulunya bernama Liga Pelajar, mampu menghasilkan para pemain berkualitas. Tidak hanya di level nasional, tetapi juga internasional. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.