Dark/Light Mode

Indonesia Batal Jadi Tuan Rumah U20, Ganjar Diancam Netizen Di Pemilu 2024

Kamis, 30 Maret 2023 13:33 WIB
Piala Dunia U20. (Foto: FIFA)
Piala Dunia U20. (Foto: FIFA)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo jadi buah bibir netizen usai FIFA mencabut status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U20 tadi malam. Sampai saat ini, nama Ganjar masih trending di Twitter.

Kolom komentar postingan Ganjar di media sosial pun jadi sasaran netizen menumpahkan kekesalannya. Ganjar disebut netizen sebagai biang kerok batalnya Indonesia sebagai tuan tumah Piala Dunia U20. 

Sebab, Ganjar beberapa kali mengutarakan sikapnya menolak kehadiran Timnas Israel berlaga di Piala Dunia U20 yang rencananya bakal dihelat di Indonesia.

Baca juga : Erick Sudah Berjuang Keras

Meskipun dalam keterangan persnya, FIFA belum menyebutkan secara eksplisit alasan pembatalan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U20.

Federasi sepak bola dunia itu hanya menyebut FIFA batal menggelar Piala Dunia U20 2023 Indonesia karena "situasi terkini" di Tanah Air. Namun disinyalir, situasi terkini itu ada kaitannya dengan polemik derasnya penolakan Timnas Israel.

Di Twitter, nama Ganjar masuk trending topic. Hingga berita ini ditulis, ada 30,9 ribu cuitan yang menyeret namanya. Postingan videonya terakhir di Twitter juga diserbu ribuan komentar. 

Baca juga : Indonesia Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U20, Tagar Kami Bersama Erick Menggema

Akun @RPidola menilai sosok Ganjar kini jadi bumerang di kalangan pecinta bola. "Akibat kegoblokan Ganjar, ia pasti ditinggalkan anak" muda pecinta soccer. Ganjar harus berani jelaskan apa yang terjadi sebenarnya kenapa ia harus menolak U20," tulisnya di Twitter. "Saya bermusuhan dengan gubernur Koster dan Ganjar Pranowo," timpal @hidarisio.

Akun @herman_shaggy juga ikut merujak dengan mengucapkan selamat tinggal Ganjar. "Indonesia gagal cetak sejarah jadi host piala dunia U20 sepakbola.. l," sindirnya. "Kita balas di pemilu 2024 gaes," sahut @sans34572080.

Sementara akun @pn7l7 meminta Ganjar konsisten dengan sikapnya tersebut. Tak cuma untuk sepak bola, tapi juga di agenda acara lainnya. "Nunggu ndoro @ganjarpranowo nolak ini juga dan semua event internasional yang ada Israelnya. Jangan hanya bola doank biar afdol penolakannya. Pencitraannya juga biar semakin menduniaaa!!!" kesalnya. "Buzer Ganjar mulai mencoba mencuci luka yang ada dengan mengarahkan ke tragedi kanjuruhan bukan karena Israel... Dikira ini anak balita semua.. Dan pastinya ada 4 suara ganjar yang hilang untuk pilpres nanti," rujak akun @ningnong2kali.

Baca juga : FIFA Resmi Batalkan Indonesia Sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U20, Sanksi Lain Menyusul

Di Instagram, akun @fdel.prans blak-blakan mengalihkan dukungannya dari Ganjar ke Prabowo. "Dulu dukung Pranowo, sekarang dukung Prabowo," cuitnya. "Saya selalu dukung pak @ganjar_pranowo jadi presiden Palestina," sindir @alzearafat.

Sementara akun @chandra_wijaya45 menyoroti notifikasi medsosnya Ganjar, yang ramai pascaputusan FIFA. "Semalem tidurnya gimana pak? Liat hp disumpahin semua orang?...," tanya dia. "Kick politics out of football," kesal @fikrisudrajat. "Semoga semua yang sudah berjuang untuk Indonesia jadi tuan rumah & atlit-atlit kita masih punya sisa tenaga untuk tersenyum dan tertawa seperti bapak di video ini," cibir akun @wholovesvanilla.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.