Dark/Light Mode

Timnas Sepakbola Tembus Final Sea Games 2023

Mental Indonesia Kalahkan Vietnam

Minggu, 14 Mei 2023 07:31 WIB
Timnas Indonesia usai kalahkan Vietnam di SEA Games 2023. (Foto: Ist)
Timnas Indonesia usai kalahkan Vietnam di SEA Games 2023. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Keren, Timnas sepak bola Indonesia berhasil lolos ke babak Final SEA Games 2023 Kamboja. Hasil tersebut diraih Timnas kita setelah berhasil menang dramatis 3-2 dari Timnas Vietnam pada laga semifinal yang berlangsung di National Olympic Stadium Phnom Penh, Kamboja, tadi malam. 

Selain memiliki semangat dan perjuangan tanpa menyerah, Timnas kita bisa melaju ke final ini, karena juga termotivasi oleh dukungan yang tak henti-hentinya diteriakkan oleh para penonton Merah Putih, dan kehadiran Ketum PSSI Erick Thohir yang ikut menyaksikan pertandingan bersejarah ini.

Padahal, dalam pertandingan tersebut tim asuhan Indra Sjafri ini, bermain dengan 10 orang sejak pertengahan babak kedua, karena Arhan Pratama mendapat dua kartu kuning. Namun, mental baja Garuda muda ini, berhasil mengalahkan Vietnam. 

Laga melawan Vietnam ini berlangsung sengit dan panas sejak awal. Indonesia membuka gol dari Komang Teguh pada menit ke-10. Lemparan ke dalam Pratama Arhan disambut dengan sundulan Komang Teguh Trisnanda Putra. Kiper Vietnam, Quan Van Chuan, gagal membendung bola. Indonesia unggul 1-0. 

Baca juga : Prabowo: Rakyat Bangga Padamu, Terus Semangat Harumkan Indonesia

Vietnam lalu mampu menyamakan kedudukan. Van Tung melakukan sundulan meneruskan umpan silang dari sayap kiri. Bolanya gagal dihalau oleh Ernando. Babak pertama berakhir imbang 1-1.

Indonesia kembali unggul pada menit ke-53. Muhammad Ferrari yang membukukan gol kedua tim Merah Putih dengan memanfaatkan umpan dari lemparan ke dalam Pratama Arahan. Sayangnya, pemain andalan Indonesia ini harus keluar lapangan lebih dulu pada menit 61.  

Pratama Arhan mendapat kartu kuning kedua lantaran melakukan pelanggaran pada pemain sayap Vietnam, hingga wasit mengganjar dengan kartu merah. Situasi kekurangan pemain ini berhasil dimanfaatkan oleh Vietnam dan mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-79. 

Vietnam berhasil menyamakan kedudukan lewat gol bunuh diri dari Bagas Kaffa saat berusaha membuang bola. Berawal dari umpan silang Nguyen Ngoc Thang dari sisi kanan ke kotak penalti Indonesia, berhasil disambut oleh Xuan Tien Dinh lalu bola liar berusaha dibuang Bagas, tapi justru masuk ke gawang sendiri.

Baca juga : Garuda Benamkan Vietnam

Pada menit 89, skor masih imbang 2-2. Wasit lalu memberikan tambahan waktu delapan menit. Di babak injury time ini, pemain Indonesia bisa tampil lebih tenang dan mampu membuat sejumlah peluang. Pada menit menit ke-90+3 misalnya, Indonesia dapat tendangan bebas usai Fajar dilanggar pemain Vietnam di sisi kiri pertahanan lawan. 

Tendangan bebas Dewangga mampu mengarah tepat ke penjaga gawang lawan. Dua menit berselang, semangat baja timnas membuahkan hasil. Tembakan Taufany dari luar kotak penalti berhasil melesak ke gawang Vietnam. Indonesia unggul 3-2 atas Vietnam. Tak lama kemudian laga selesai, Indonesia pun menang 3-2.

Di babak final, Indonesia menunggu pemenang Thailand vs Myanmar. Babak final akan berlangsung di National Olympic Stadium pada 16 Mei 2023.

Usai laga, Ketua Umum PSSI Erick Thohir yang menyaksikan langsung laga seru ini, memuji kerja keras timnas Indonesia. "Terima kasih kepada pemain-pemain kita di lapangan, yang saya selalu ingatkan bahwa kita punya mental, punya nyali, ada hari ini. Itu yang membuat kita menang,” katanya.

Baca juga : Erick: Menang Dengan 10 Pemain, Mental Indonesia Kalahkan Vietnam

"Dengan 10 pemain, kita kebobolan karena kita terus lawan, terus lawan, tinggal dua menit, kita menggolkan. Itulah Indonesia yang kita mau," bangga Erick.

Erick juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Indonesia yang terus mendoakan dan percaya timnas Indonesia. "Terima kasih pada pemain yang membuktikan kita punya nyali, kita punya mental," tegasnya.

Menurut Erick, selama ini timnas dibilang nggak siap. Tapi hari ini, mereka bisa membuktikannya bisa terus fight. Menurut dia, Indonesia bisa sejajar dengan bangsa-bangsa di dunia. Tidak hanya melihat masa lalu, tapi masa depan. 

"Sekarang kembali kita fokus dan recovery pemain. Ini jadi kunci karena pasti kelelahan, secara fisik secara mental. Sekarang harus siap lagi untuk final," pungkasnya. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.