Dark/Light Mode

BNI-MedcoEnergi M25K Seri V

David Agung Dan Claudio Lumanau Lolos Ke Babak Utama

Selasa, 6 Juni 2023 20:11 WIB
Petenis tunggal putra Indonesia David Agung Susanto (Foto: Istimewa)
Petenis tunggal putra Indonesia David Agung Susanto (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - David Agung Susanto dan Claudio Luman lolos babak utama turnamen tenis BNI-MedcoEnergi M25K Seri kelima. Hal ini didapat keduanya, setelah di final kualifikasi sukses memetik kemenangan, yang digelar di Lapangan Tenis Hotel Sultan, Jakarta, Selasa (6/6).

David Agung Susanto, yang tampil di lapangan 3, harus tampil all out untuk bertarung 3 set melawan Aayush Bhat dari India. Menang 6-4 di set pertama, petenis berusia 31 tahun ini menyerah 1-6 di set kedua. Di set ketiga, David berhasil memenangi laga tersebut dengan skor akhir 10-8.

Baca juga : Christopher-Nathan Gagal Raih Gelar, Justin Barki Kandas Di Semifinal

Jejak David Agung Susanto diikuti Claudio Lumanau, yang sukses menumbangkan pemain asal Brazil Luca Bojicic Ono. Mengawali laga, Claudio yang baru saja menapaki kariernya ke jenjang senior bermain mengesankan dan tampil tanpa beban. Meski harus bersusah payah, set pertama berhasil menjadi milik petenis belia Indonesia ini lewat kemenangan 7-6 tiebreak 7-4. Ketatnya laga set awal yang sangat menguras konsentrasi dan energi sangat menguntungkan Cladio. Dengan usia yang lebih muda dan fisik yang bugar, saat kedudukan 2-1 Bojicic Ono tak mampu meneruskan pertandingan dan akhirnya harus mundur.

Namun, lolosnya kedua petenis tunggal putra Indonesia ini gagal diikuti 2 pemain Indonesia lainnya, Nathan Barki dan M Rifqi Fitriadi. Nathan yang tampil dengan fasilitas wildcard, belum menemukan performa terbaiknya saat menghadapi pemain Malaysia Mitsuki Wei Kang Liong. Finalis ganda putra di seri keempat lalu harus takluk 4-6 dan 1-6.

Baca juga : Rifqi Dan Barki Melaju Ke Perempat Final, Christo-Nathan Ke Semifinal

Kekalahan serupa dialami petenis putra terbaik Indonesia saat ini, Muhamad Rifqi Fitriadi, yang tumbang di tangan pemain Jepang Kokoro Isomura. Penampilan peraih medali emas tunggal putra SEA Games 2023 ini masih belum maksimal sehingga tumbang dua set langsung 6-3 dan 6-3.

Di nomor ganda putra, Indonesia berhasil menempatkan wakilnya ke babak kedua. Pasangan penerima wildcard Gunawan Trismuwantara/Achad Imam Maruf sukses meraih kemenangan dari Lorusso Lorenzo/Danilov Savriyan dengan skor 6-4 6-3.

Baca juga : Australia Terbuka, Christian Dan Rumbay Langsung Masuk Babak Utama

Sayang, lolosnya Gunawan dan Achad tidak dapat diikuti ganda Indonesia lainnya Armando dan Giorgio Soemarno, setelah takluk di tangan Pruchya Isaro/Markos Kalovelonis 6-3 dan 6-1. Meski kehilangan 1 pasangan di sektor ganda putra, Indonesia masih memiliki Christoper Rungkat/Nathan Barki serta pasangan kakak beradik David dan Anthony Susanto, yang baru besok turun bertanding.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.