Dark/Light Mode

Juara Singapore Open, Ginting: Seperti Main Di Rumah Sendiri

Minggu, 11 Juni 2023 19:27 WIB
Tunggal putra andalan Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting juara di Singapore Open 2023. (Foto : PBSI)
Tunggal putra andalan Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting juara di Singapore Open 2023. (Foto : PBSI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tunggal putra andalan Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting menunjukkan kualitasnya sebagai pebulutangkis ranking 2 dunia dengan raihan gelar juara di pentas Singapore Open 2023.

Ginting juara Singapore Open 2023, sekaligus mempertahankan gelar juara tahun lalu seusai mengalahkan Anders Antonsen asal Denmark.

Pada laga final Singapore Open 2023 yang berlangsung di Singapore Indoor Stadium, Minggu (11/6) sore WIB, Ginting berhasil menjadi juara setelah menang 21-16, 21-13.

Kemenangan ini sekaligus membuat Ginting mempertahankan gelar dan memecahkan rekor 50 tahun. Sebelum ini, terakhir kali tunggal putra Indonesia mampu menjuarai Singapore Open dua kali berturut-turut adalah 50 tahun lalu, yakni kala Iie Sumirat tampil sebagai kampiun pada 1972 dan 1973.

Baca juga : Siang Ini Lawan Antonsen Di Final, Ginting Bakal Nikmati Permainan

Usai juara, Ginting mengungkapkan salah satu kunci kemenangannya karena merasa seperti main di rumah sendiri. 

"Saya seperti main di rumah sendiri. Dari masuk lapangan sudah di-support penonton. Terima kasih dan bersyukur atas dukungannya. Saya selalu merasa senang setiap datang ke Singapura," kata Ginting kepada Humas PBSI, Minggu (11/6) sore.

"Perbedaan dengan gelar juara tahun lalu, cuma di perbedaan di lawan saja. Tahun lalu saya lawan Kodai Naraoka. Rasanya hampir sama, cuma saya harus tetap menyiapkan strategi yang berbeda. Soal apa tahun ini lebih mudah, rasanya sama saja," tambah Ginting.

Pemain asal Cimahi, Jawa Barat ini menjelaskan, sejak awal melawan Anders Antonsen berusaha mengontrol irama permainan. Alhasil lawan tidak bisa mengembangkan strateginya.

Baca juga : 6 Ganda Putra Terkubur, Ginting Menuju Semifinal

"Pada gim pertama saya bisa mengontrol dan lawan tak berkembang. Memang di awal-awal gim, lawan lebih agresif. Saya sempat ikut irama lawan dan kurang tenang. Tetapi setelah itu, saya bisa mengembangkan permainan dan lebih leluasa," katanya.

"Keberhasilan di gim pertama, tentu makin membuat saya bisa lebih tenang. Di gim kedua, permainan saya bisa keluar semua. Saya bisa lebih tenang dan yakin," jelasnya.

Ke depan, Ginting bertekad terus meraih banyak gelar, meski akan menghadapi lawan-lawan yang lebih kuat.

"Senang bisa juara, tetapi ini tentu bukan pencapaian yang mudah. Masih ada yang harus dikejar. Lawan tentu juga banyak masih ingin mengalahkan saya. Masih ada yang harus ditingkatkan," jelasnya.

Baca juga : Ke Semifinal Singapore Open, Ginting: Saya Main Tenang

"Gelar ini saya persembahkan kepada keluarga, mama, papa, PBSI, tim tunggal putra, tim yang selalu latihan bareng sejak di Jakarta. Saya hari ini bisa membawa hasil yang positif," tutup Ginting. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.