Dark/Light Mode

Badminton Singapura Open 2023

6 Ganda Putra Terkubur, Ginting Menuju Semifinal

Sabtu, 10 Juni 2023 07:00 WIB
Anthony Sinisuka Ginting. (Foto: PBSI)
Anthony Sinisuka Ginting. (Foto: PBSI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Enam ganda putra Indonesia yang diturunkan di Singapura Open 2023, harus mengubur mimpi meraih juara. Hanya tunggal putra, Anthony Sinisuka Ginting, melaju ke semifinal.

Menurut catatan Rakyat Merdeka, ada enam ganda pu­tra Indonesia yang angkat ko­per di kejuaraan badminton BWF level super 750 berhadiah 850.000 dolar Amerika atau setara dengan Rp 12,6 miliar itu. Ganda putra peringkat satu dunia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardiyanto alias Fajri harus tumbang dengan mudah di ba­bak awal dari ganda Inggris, Ben Lane/Sean Vendy dengan 15-21, 18-21.

Lalu, ganda putra Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon harus tumbang di babak 16 besar. Kevin/Markus harus tunduk dari ganda kuat Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi dengan skor 18-21, 9-21.

Baca juga : Siang Ini, Ginting Ditantang Juara All England 2023

Kemudian, ganda putra Bagas Maulana/Muhammad Shohibil Fikri harus angkat koper di babak 16 besar. Peraih juara All England 2021 ini kalah dari wakil Malaysia peringkat empat dunia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik dengan 18-21, 17-21.

Kekalahan juga dialami ganda putra Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Rambitan. Mereka keok dari ganda Malaysia, Ong Yew Sin/Teo Ei Yi di babak 16 besar dengan skor 17-21, 18-21.

Lalu, ganda gaek Indonesia Hendra Setiawan/Muhammad Ahsan harus kalah dari wakil Korsel, Choi Sol Gyu/Kim Won Ho dengan 21-23, 17-21. Terakhir, ganda putra Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin yang harus mengubur mimpinya un­tuk meraih gelar Singapura Open seperti tahun sebelumnya.

Baca juga : Terus Ditekan, 32 Menit Gregor Langsung Tumbang

The Babies --julukan Leo/Daniel-- gagal melaju ke semifinal, usai dikalahkan wakil Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik den­gan pertarungan tiga set dengan waktu 1 jam 18 menit. Babies kalah 21-18, 16-21, 20-22.

“Sayang, kami kalah. Kecewa juga. Padahal setelah ketinggalan jauh di gim ketiga kami bisa mengejar dan menyama­kan kedudukan 20-20. Sayang di posisi itu, lawan bermain lebih nekat dan mendapat dua poin kemenangan,” kata Daniel Marthin.

Meski kalah, Leo/Daniel akan mempersiapkan diri menghadapi Indonesia Open 2023 yang akan digelar Juni ini.

Baca juga : Gregoria Melaju Mulus, Si Ratu Split Nyungsep

“Sebagai tuan rumah, kami tentu tidak mau mengecewa­kan para penggemar,” pungkas Leo.

Sementara tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting han­ya tersisa. Pebulutangkis asal Cimahi petingkat dua dunia ini melaju ke semifinal set­elah bermain 62 menit. Ginting menundukkan andalan China, Li She Feng dengan tiga set, 21-13, 16-21, 21-12. Di partai semifinal hari ini, Ginting akan bertemu wakil Thailand, Kunlavut Vitidsarn. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.