Dark/Light Mode

Jimny Festival 2023 Pecahkan Rekor MURI, Bamsoet Beri Pujian

Minggu, 18 Juni 2023 22:59 WIB
Pembukaan Indonesia Jimny Festival (IJF) 2023 di Sentul International Circuit, Bogor, Minggu (18/6). (Foto: Dok. IMI)
Pembukaan Indonesia Jimny Festival (IJF) 2023 di Sentul International Circuit, Bogor, Minggu (18/6). (Foto: Dok. IMI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo (Bamsoet) bersama tokoh otomotif nasional Subronto Laras dan Tinton Soeprapto membuka Indonesia Jimny Festival (IJF) 2023. IJF 2023 memecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) sebagai Trackday oleh Mobil Satu Jenis Terbanyak, yang melibatkan hampir 600 kendaraan Jimny yang melintasi lintasan Sentul International Circuit. Tidak hanya pecinta Jimny dari dalam negeri, event ini juga dihadiri para pecinta Jimny dari Malaysia, Thailand, dan Jepang.

Bamsoet menerangkan, setelah hampir 10 tahun vakum, akhirnya para pecinta Jimny bisa kembali berkumpul. Dari mulai Jimny Jangkrik generasi pertama yang hadir sejak 1978 hingga Jimny generasi keempat yang hadir pada 2018/2019. Dari mulai Jimny orisinil hingga modifikasi. Dari mulai Jimny Jangkrik, Jimny Trepes, Jimny Sierra, hingga New Jimny Sierra, seluruhnya hadir berkontribusi memecahkan rekor MURI tersebut.

Baca juga : Komunitas Main Cantik Bersihkan Sampah Di Jalanan DKI, Bamsoet Beri Jempol

“Ini membuktikan betapa hebat dan kuatnya soliditas para pecinta Jimny di Indonesia yang mungkin tidak akan ditemui di berbagai negara lainnya," ujar Bamsoet, saat membuka IJF 2023, di Sentul International Circuit, Bogor, Minggu (18/6). Turut hadir antara lain, Senior Customer Relation MURI Andre Purwandono, Ketua Panitia IJF 2023 Ronny Kusuma, serta Direktur Utama SIC Didi Hardianto. Hadir pula para pengurus IMI Pusat antara lain, Badan Pembina sekaligus Komisaris SIC Tinton Soeprapto, Wakil Ketua Umum Hubungan Antar Lembaga Junaidi Elvis, Komunikasi dan Media Hasby Zamri, serta Ketua IMI DKI Jakarta Anondo Eko.

Ketua MPR ini menjelaskan, tidak hanya rekor MURI, event IJF 2023 juga dimeriahkan berbagai kegiatan menarik. Antara lain, Jimny Camp, Jimny Contest, Jimny Marketplace, Jimny Parts Booths and Food Trucks, Jimny Wall of Fame, Jimny Fashion Week, serta Jimny Fun Games.

Baca juga : Indonesia Jimny Festival Siap Pecahkan Rekor MURI, Bamsoet Beri Dukungan

"Keberadaan event ini turut menggerakan perputaran ekonomi dalam ekosistem Jimny. Terbukti sebulan sebelum event IJF 2023, toko parts, aksesoris, bengkel dan body repair ramai oleh peserta IJF yang ingin memperbaiki kendaraan Jimny milik mereka," jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini menerangkan, mengusung tagline One Jimny, event ini sangat bermanfaat untuk merekatkan ikatan soliditas para pecinta Jimny dari berbagai wilayah, sebagai bagian merekatkan ikatan soliditas kebangsaan. Melalui kesamaan hobby otomotif, para pecinta Jimny telah menjaga agar persatuan dan perdamaian bangsa senantiasa dapat terpelihara dan terjaga.

Baca juga : MotoGP Italia, Binder Pecahkan Rekor Kecepatan

"Tidak ada yang salah dari hobi otomotif, baik mobil maupun motor. Karena selain bisa melepaskan penat dari aktivitas keseharian, kita juga bisa berkumpul dengan kawan-kawan yang memiliki satu kegemaran. Bisa saling tukar informasi dan pengetahuan. Bahkan tidak menutup kemungkinan juga bisa membuka usaha bersama dan menggerakan ekonomi nasional," pungkas Bamsoet.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.