Dark/Light Mode

Hore, Garuda Muda Lolos Ke Final Piala AFF U-23

Kamis, 24 Agustus 2023 22:06 WIB
Selebrasi para pemain timnas U-23 di ajang Piala AFF 2023. (Foto : PSSI)
Selebrasi para pemain timnas U-23 di ajang Piala AFF 2023. (Foto : PSSI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sempat terseok-seok di babak penyisihan, timnas U-23 Indonesia meraih tiket ke final Piala AFF U-23 2023 usai mengalahkan timnas Thailand.

Berlaga di Rayong Provincial Stadium, Rayong, Thailand, Kamis (24/8), malam, Ramadhan Sananta Cs tampil agresif unggul dengan skor 3-1.

Skuad Garuda Muda membuka gol kemenangan pada menit kesembilan, lewat aksi Jeam Kelly Sroyer.

Baca juga : Duh, Persiapan Timnas Mepet Jelang Piala AFF U-23

Jeam berhasil membobol gawang Thailand lewat tembakan dari luar kotak penalti usai meneruskan umpan Arkhan Kaka. Tembakan Jeam Kelly menyusur tanah dan tak mampu dibendung kiper Thailand. Indonesia unggul 1-0 atas Thailand.

Unggul 1-0, anak asuh Shin Tae yong terus membangun serangan. Hasilnya, pada menit ke-23, Indonesia berhasil menambah skor menjadi 2-0 lewat sundulan Ferarri usai meneruskan umpan lemparan ke dalam jarak jauh Robi Darwis.

Pada menit ke-27, pemain Thailand Chukid Wanpraphao berhasil membobol gawang Indonesia lewat sundulan usai meneruskan umpan sepak pojok. Skor sementara Indonesia unggul 2-1 atas Thailand.

Baca juga : Mulai Hari Ini, Garuda Layani Penerbangan Langsung Ke Tanah Suci Dari Banda Aceh

Pada menit ke-45, Indonesia berhasil menambah gol menjadi 3-1 usai tembakan Haykal disundul bek Thailand Natcha Promsomboon mengarah ke gawang sendiri sehingga menghasilkan gol bunuh diri. 

Di babak kedua, kiper Indonesia Ernando Ari menjadi bintangnya. Tercatat tiga kali, Ernando melakukan penyelamatan gemilang usai memblok tembakan penyerang Thailand Chukid Wanpraphao.

Sebelumnya, Indonesia tak diunggulkan karena menuju semifinal Piala AFF U-23 2023 dengan status runner-up grup terbaik. Itu setelah di babak penyisihan Grup B, skuad Garuda Muda takluk 1-2 dari Malaysia dan menang tipis 1-0 atas Timor Leste.

Baca juga : Wapres Akan Buka Rakernas XV Apkasi Dan Pameran AOE 2023

Sementara Thailand, menjadi tim pertama yang lolos ke semifinal Piala AFF U-23 2023. Tim besutan Issara Sritaro itu lolos setelah menjuarai Grup A. Thailand sukses mengemas poin sempurna, sembilan. Tim tuan rumah juga mencatatkan cleansheet di turnamen ini pada babak penyisihan grup.

Kini, timnas Indonesia sudah ditunggu Vietnam di partai puncak Piala AFF 2023. Vietnam sebelumnya ke partai final mengalahkan Malaysia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.