Dark/Light Mode

Wapres Akan Buka Rakernas XV Apkasi Dan Pameran AOE 2023

Rabu, 19 Juli 2023 07:00 WIB
Direktur Eksekutif Apkasi Sarman Simanjorang. (Foto: Humas Apkasi)
Direktur Eksekutif Apkasi Sarman Simanjorang. (Foto: Humas Apkasi)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin akan dijadwalkan membuka Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Rakernas Apkasi) dan Pameran Apkasi Otonomi Expo (AOE) 2023. Kepastian ini disampaikan Direktur Eksekutif Apkasi Sarman Simanjorang setelah mengikuti rapat koordinasi dengan Sekretariat Wakil Presiden secara daring, Selasa (18/7).

Sarman mengatakan, kesediaan Wapres membuka Rakernas dan Pameran AOE 2023 merupakan kehormatan tersendiri bagi Apkasi. "Kini lengkap sudah kegiatan Apkasi pernah dibuka dan diresmikan oleh Presiden Jokowi dan sekarang akan dibuka oleh Wakil Presiden. Tentu ini menyejukkan bagi kita semua di tengah situasi menjelang hadirnya tahun politik," katanya.

Sarman menjelaskan, Apkasi menggelar Rakernas XV Tahun 2023 sebagai amanah AD/ART organisasi. “Dalam Rakernas ini akan dibahas berbagai persoalan yang telah diakomodir melalui Rapat Kerja Koodinator (Korwil) wilayah Apkasi. Dalam Rapat Korwil daerah telah menginventarisir isu-isu di daerah untuk dibahas bersama di tingkat nasional,” terangnya.

Baca juga : Bamsoet Buka Final Kejuaraan Nasional Drag Bike Putaran 2 Di Batam

Rapat Kowril Apkasi telah dilaksanakan di Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Lampung dan Bali. Dalam Rakernas Apkasi, juga dibahas kesiapan daerah dalam mendukung suksesnya Pemilu 2024.

Terkait dengan Apkasi Otonomi Expo 2023, Sarman menerangkan, agenda tahunan ini merupakan implementasi salah satu tugas dan peran organisasi dalam memfasilitasi kegiatan promosi komoditi, peluang investasi, dan pengembangan pariwisata bagi anggota Apkasi yang meliputi 416 pemerintah kabupaten di seluruh Indonesia. “Ini upaya kongkret Apkasi dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional, melalui kebangkitan ekonomi di daerah,” imbuhnya.

Pameran AOE 2023 ini, lanjut Sarman, mayoritas diikuti pemerintah kabupaten selaku anggota Apkasi, kementerian/lembaga, pemerintah provinsi, perusahaan BUMN, swasta nasional dan UMKM. Khusus pemerintah kabupaten akan menampilkan potensi komoditas unggulan dan peluang investasi. "Selama kegiatan pameran berlangsung juga akan dilaksanakan business matching dengan mengundang investor luar negeri,” imbuh Sarman.

Baca juga : PUPR Targetkan Bendungan Cipanas Diresmikan September

Dia melanjutkan, ada 6 negara Asia yang sudah komitmen akan hadir. Dengan adanya business matching ini, pemerintah kabupaten bisa berjejaring global untuk menggerakkan perekonomian di daerah melalui peluang perdagangan komoditas unggulan maupun investasi yang akan masuk ke darah.

“Kami telah bekerja sama dengan asosiasi dagang dari luar negeri yang berkantor di Jakarta dan mereka siap mendatangkan buyer dan investor untuk mengikuti pameran ini,” ucapnya.

Sarman mengajak bagi masyarakat di Jakarta dan sekitarnya datang ke pameran AOE 2023 yang akan berlangsung pada 20-22 Juli 2023, di ICE BSD, Tangerang. “Kegiatan exhibition ini terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya masuk alias gratis. Selain ada aneka komoditas dan produk UMKM khas daerah, di dalam pameran juga akan dimeriahkan dengan berbagai penampilan pentas seni dan budaya,” jelasnya.

Baca juga : Bamsoet Buka Event Asah Keterampilan Penggunaan Senjata Api Beladiri 2023

Di pameran AOE 2023, tambah Sarman, juga akan ditampilkan koleksi kain khas nusantara yang dikemas dalam bentuk fashion show. “Fashion Show Wastra Nusantara menjadi side event yang menarik untuk disaksikan. Nanti juga akan ada tamu spesial Vanny Vabiola, penyanyi yang memiliki suara karakter kuat dan tinggi serta penampilan special dari grup band Element yang siap menghibur pengunjung pameran,” katanya.

Untuk peserta pameran, akan diajak mengikuti kegiatan studi tiru ke Ketapang Urban Aquaculture, di Tangerang. “Diharapkan dari kegiatan ini ada oleh-oleh yang bisa dibawa pulang mengenai keberhasilan Pemkab Tangerang mendesain dan mengelola tempat wisata hingga menjadi viral," ucapnya.

Pihaknya juga menggelar Anugerah Jurnalistik Apkasi untuk yang ketiga sebagai apresiasi kepada jurnalis yang ikut aktif mempublikasikan upaya-upaya pembangunan di daerah dan peran pemerintah kabupaten dalam menggerakkan roda perekonomian di wilayahnya masing-masing.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.