Dark/Light Mode

Kualifikasi Piala Dunia

Timnas Vs Brunei Darussalam, Siap-siap Banjir Gol

Rabu, 11 Oktober 2023 10:02 WIB
Para pemain timnas Indonesia saat latihan. (Foto : PSSI)
Para pemain timnas Indonesia saat latihan. (Foto : PSSI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Shin Tae yong minta anak asuhnya mencetak banyak gol pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia melawan Timnas Brunei Darussalam .

Tim Garuda lebih dulu menjamu Brunei Darussalam pertama di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis (12/10/2023) pukul 19.00 WIB.

Untuk leg kedua, pasukan Shin Tae-yong itu akan melawat ke markas Brunei Darussalam di Stadion Sultan Hassanal Bolkiah, Selasa (17/10/2023) pukul 19.15 WIB.

Shin Tae-yong telah memanggil 26 pemain Timnas Indonesia untuk menghadapi Brunei Darussalam di babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Dari 26 nama tersebut, di antaranya ada Ramadhan Sananta, Marc Klok, hingga Nadeo Argawinata.

Selain itu, ada delapan pemain yang merumput di luar negeri. Mereka adalah Marselino Ferdinan (KMSK Deinze), Asnawi Mangkualam (Jeonnam Dragons), Pratama Arhan (Tokyo Verdy), Sandy Walsh (KV Mechelen), Shayne Pattynama (Viking FK), Saddil Ramdani (Sabah FC), Rafael Struick (ADO Den Haag), dan Elkan Baggott (Ipswich Town).

Shin Tae-yong diperkirakan akan menerapkan formasi 3-5-2 untuk Timnas Indonesia saat melawan Brunei Darussalam.

Di bawah mistar gawang, kemungkinan besar dipercayakan kepada Ernando Ari yang selalu jadi kiper utama skuad Garuda senior maupun U-23.

Baca juga : Tim Garuda Nggak Anggap Remeh Lawan

Kiper Persebaya Surabaya itu dipercaya saat Timnnas Indonesia senior melawan Timnas Argentina, Palestina, hingga Turkmenistan.

Beralih ke posisi tiga bek sejajar, kemungkinan diisi oleh Elkan Baggott, Rizky Ridho, dan Sandy Walsh.

Kemudian untuk sektor wingback, diprediksi akan ditempati Asnawi Mangkualam di sisi kanan dan Shayne Pattynama di sisi kiri.

Geser ke pos lini tengah, kemungkinan akan diisi trio Rachmat Irianto, Marc Klok, dan Marselino Ferdinan.

Terakhir, dua pemain terdepan bisa diisi Ramadhan Sananta yang diduetkan dengan Rafael Struick.

Lantas, akankah Ramadhan Sananta Cs sanggup bantai Brunei Darussalam pada laga nanti?

Satu hal yang pasti, jika bisa melewati hadangan Brunei Darussalam, Timnas Indonesia akan lolos ke babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Skuad Garuda tergabung di Grup F bersama Irak, Vietnam, dan Filipina.

Sekadar diketahui, Shin Tae-yong akan memimpin skuad Shin Tae-yong dalam dua laga babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia pada 12 dan 17 Oktober 2023.

Baca juga : Jadwal Timnas Indonesia Vs Brunei Darussalam, Live TV, Pemain Dan Link Streaming

Di atas kertas, secara kualitas Timnas Indonesia masih di atas Brunei Darussalam. Timnas Indonesia pernah menang 7-0 atas Brunei Darussalam asuhan Mario Rivera. Momen itu terjadi di fase grup Piala AFF 2022.

Sejak ditangani Shin Tae-yong, timnas beberapa kali mengantarkan skuad Garuda menang telak. Di bawah asuhan Shin Tae-yong, Timnas Indonesia pernah menang 7-0 atas Nepal hingga menghajar Laos 5-1.

Bahkan di level U-23, Shin Tae-yong mengantarkan Timnas Indonesia U-23 menang 9-0 atas Taiwan U-23 di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024. Satu lagi, seperti yang sudah disampaikan di atas, Brunei Darussalam jauh dari kata baik.

Di FIFA Matchday September 2023, Brunei sempat dihajar Hong Kong 10-0. Secara kualitas, Timnas Indonesia masih di atas Hong Kong, sehingga potensi Tim Garuda menang telak atas Brunei terbuka lebar.

Jika menang agregat 15-0 atas Brunei, Timnas Indonesia praktis diliputi kepercayaan diri tinggi saat mengarungi babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026. Di babak ini, Timnas Indonesia tergabung di Grup F bersama Irak, Vietnam dan Filipina.

Timnas Indonesia sejatinya lebih oke dari Brunei jika berkaca materi pemain. Terlebih Tim Garuda juga unggul atas lawannya setelah menilik rekor pertemuan. 

Skuad asuhan Shin Tae-yong memang diunggulkan mendulang kemenangan dalam pertandingan nanti.

Sang pelatih pun meminta anak-anak asuhnya mencetak banyak gol pada leg pertama di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Baca juga : Pesan Marck Klok: Jangan Remehkan Brunei Darussalam

Tujuannya agar Timnas Indonesia tidak dalam tekanan melakoni laga leg kedua di markas Brunei.

“Kita main di kandang. Jadi bagaimana pun caranya harus maksimalkan cetak gol. Dengan demikian, saya dengan tim bisa berangkat ke Brunei dengan rileks,” tutur Shin Tae-yong.

Target kemenangan dengan skor besar, diprediksi bakal membuat Shin Tae-yong menurunkan skuad terbaiknya. Timnas Indonesia pun bakal banjir bintang dalam laga nanti.

Prediksi Pemain Timnas Indonesia 

Timnas Indonesia (3-5-2) : Ernando Ari (GK); Elkan Baggott, Rizky Ridho, Sandy Walsh; Asnawi Mangkualam, Shayne Pattynama, Rachmat Irianto, Marc Klok, Marselino Ferdinan; Rafael Struick, Ramadhan Sananta.

Pelatih: Shin Tae-yong.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.