Dark/Light Mode

Kualifikasi Piala Dunia

Argentina Vs Paraguay, Sang Juara Tanpa Putra Mahkota

Kamis, 12 Oktober 2023 13:11 WIB
Lionel Messi dipastikan absen lawan Paraguay. (Foto : ist)
Lionel Messi dipastikan absen lawan Paraguay. (Foto : ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Timnas Argentina alias La Albiceleste akan menjamu timnas Paraguay pada matchday 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Amerika Selatan atau Conmebol.

Tim tuan rumah, La Albiceleste, kemungkinan akan bertanding tanpa kehadiran Kapten Lionel Messi. Sang mega bintang berjuluk La Pulga itu dikabarkan masih dalam proses perobatan karena mengalami cedera.

Duel Tim Tango asuhan Lionel Scaloni melawan La Albirroja alias Si Putih dan Merah, di Stadion El Monumental, Buenos Aries, pada Jumat (13/10/2023), pukul 06.00 WIB, dengan live di SofaScore atau Soccerway.

Argentina telah melalui dua laga pertamanya dengan sempurna. Sang juara bertahan memenangi keduanya tanpa sekali pun kebobolan.

Pada laga pertama, gol tunggal kapten Lionel Messi membawa Argentina menjinakkan Ekuador 1-0 di Estadio Monumental. 

Setelah itu, Argentina menghantam Bolivia di La Paz dengan skor 3-0 melalui gol-gol Enzo Fernandez, Nicolas Tagliafico, dan Nicolas Gonzalez.

Sebaliknya, Paraguay baru meraup satu poin sejauh ini. Setelah ditahan imbang 0-0 oleh Peru, Paraguay takluk 0-1 di kandang Venezuela.
Paraguay masih tanpa gol dan tanpa kemenangan di kualifikasi ini. Mereka bisa menjadi santapan empuk Argentina di Buenos Aires nanti.

Untuk laga kali ini, Argentina dan Paraguay diprediksi tampil dengan skema sama yakni 4-3-3. Tim tuan rumah diperkirakan mengandalkan Ángel Di María, Julián Álvarez, dan Nico Gonzalez.

Baca juga : Brazil Vs Venezuela, Tim Samba Mau Sapu Bersih

Sementara Paraguay di lain pihak diperkirakan mengandalkan Miguel Almirón, Gabriel Ávalos, dan Ramón Sosa. Adapun lini tengah diperkirakan diisi Mathias Villasanti, Andrés Cubas, dan Richard Ortiz.

Argentina diprediksi masih belum diperkuat Lionel Messi. Kapten La Albiceleste tersebut absen saat timnya jumpa Bolivia pada September 2023.

Selain itu, La Pulga juga absen dalam beberapa laga Inter Miami di MLS 2023. Ia hanya berlaga dalam 35 menit terakhir, saat The Herons menghadapi Cincinnati pada 8 Oktober lalu.

Sebelumnya, tanpa Lionel Messi, Argentina mampu mengalahkan Bolivia 0-3. Hasil itu lebih bagus dibanding saat mereka menumbangkan Ekuador di kandang sendiri.

Jika La Pulga hilang di sektor kanan La Albiceleste, masih ada Nico Gonzalez yang bisa main sejak awal.

Di sisi lain, Paraguay bertekad mencuri poin di Stadion El Monumental. Meski tidak mudah, La Albiroja memiliki peluang, karena memiliki rekor head to head (H2H) yang cukup seimbang.

Paraguay sempat mengalahkan Argentina dengan skor 0-1 di kualifikasi Piala Dunia 2018 di Buenos Aires.

Selain itu, di laga terakhir yang berlangsung di kualifikasi Piala Dunia 2022, Paraguay juga sukses menahan imbang La Albiceleste dengan skor tanpa gol.

Baca juga : Argentina Vs Paraguay, Scaloni Panggil La Pulga Meski Cedera

Bek Timnas Paraguay, Junior Alonso, mengatakan 1 poin menjadi target yang realistis bagi timnya.

Bermain bertahan dan kompak menutup semua jalur Argentina akan lebih efisien, daripada jika La Albirroja terpancing tuan rumah untuk sama-sama bermain terbuka.

“Kami harus bermain cerdas di pertandingan ini (melawan Argentina), dan menerapkan strategi dari pelatih. Satu poin menjadi target yang realistis,” kata Junior Alonso dikutip dari Fox Sports.

Pada pertandingan kali ini, diprediksi mengarah pada kemenangan La Albiceleste. Argentina saat ini menempati peringkat 2 klasemen kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Conmebol dengan mengumpulkan 6 poin dari 2 laga. 

La Albiceleste memiliki poin yang sama dengan Brazil di posisi teratas, tetapi kalah selisih gol. Yang dibutuhkan sang juara bertahan Piala Dunia adalah menjaga momentum.

Di sisi lain, Paraguay yang menjadi tamu La Albiceleste, berada di peringkat 6 klasemen sementara dengan hanya 1 poin dari 2 laga. 

Sejak menjuarai Piala Dunia akhir tahun kemarin, La Albicleste masih sempurna 100 persen, meraih enam kemenangan beruntun dengan agregat 17-0, termasuk mengalahkan timnas Indonesia 2-0 Juni lalu. 

Mereka bahkan tak membutuhkan Lionel Messi untuk membantai Bolivia 3-0 saat bertanding di stadion berketinggian setara Gunung Semeru.
Namun Paraguay sama sekali tak bisa diremehkan, mengingat Argentina cuma bisa menang sekali dalam enam laga terakhir melawan Albirroja. 

Baca juga : Timnas Vs Brunei Darussalam: Awas, Lawan Mau Parkir Bus!

Dua tahun lalu, Messi Cs harus puas berbagi angka dengan Miguel Almiron Cs usai ditahan 0-0 di Kualifikasi Piala Dunia 2022. 

Di saat yang sama, anak asuh Daniel Garnero hanya bisa menang satu kali dari tujuh laga terakhir, menjadikan mereka sasaran empuk bagi Argentina yang sedang ganas-ganasnya.

Prediksi Susunan Pemain 

Timnas Argentina (4-3-3) : Emiliano Martínez; Nahuel Molina, Cristian Romero, Nicolás Otamendi, Nicolás Tagliafico; Rodrigo de Paul, Alexis Mac Allister, Enzo Fernández; Ángel Di María, Julián Álvarez, Nicolas Gonzalez.
Pelatih: Lionel Scaloni.
Timnas Paraguay (4-3-3) : Carlos Coronel; Robert Rojas, Fabián Balbuena, Gustavo Gómez, Junior Alonso; Mathias Villasanti, Andrés Cubas, Richard Ortiz; Miguel Almirón, Gabriel Ávalos, Ramón Sosa.
Pelatih: Guillermo Schelotto.

Hasil 5 Pertemuan Terakhir Argentina vs Paraguay
08/10/21: Paraguay vs Argentina 0-0
22/06/21: Argentina vs Paraguay 1-0
13/11/20: Argentina vs Paraguay 1-1
20/06/19: Argentina vs Paraguay 1-1
12/10/16: Argentina vs Paraguay 0-1


 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.