Dark/Light Mode

Polda Sumut Perkuat Pengamanan Aquabike Jetski Danau Toba 2023

Rabu, 22 November 2023 13:39 WIB
Foto: Ist
Foto: Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam rangka memperkuat pengamanan selama berlangsungnya Aquabike Jetski Danau Toba 2023, Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara (Sumut) menurunkan Bus Command and Monitoring Center Direktorat Pengamanan Objek Vital (Dit Pamobvit).

Kepala Bidang (Kabid) Humas Kombes Hadi Wahyudi mengatakan, diturunkannya Bus Command Monitoring Center itu karena memiliki desain teknologi canggih dalam melakukan monitoring pengamanan secara digital, terlebih untuk event internasional.

"Untuk kabin penumpang telah dimodifikasi sebagai ruang posko dan monitoring dilengkapi perangkat computer all in one berukuran 70 inci (Monopod) kamera web, aplikasi monitoring operasi seperti SOT Presisi dan Early Warning System, full soundsystem serta toilet," katanya, Selasa (21/11/2023).

Lebih lanjut, Hadi mengungkapkan Bus Command Monitoring Center mampu memantau situasi di seputaran objek wisata yang diamankan dari jarak maksimal 500 meter yang terhubung dengan kamera CCTV.

Baca juga : Lintasan Aquabike Jetski World Championship Danau Toba Bebas Eceng Gondok

Bus ini juga dilengkapi lima unit Multi Terrain Balancing Wheel (Sigway) sebagai sarana patroli petugas polisi pariwisata.

Juga, dibekali perlengkapan perorangan serta dua unit sepeda listrik.

Hadi menambahkan, Direktorat Pamobvit Polda Sumut juga menyiapkan dua unit kendaraan ATV sebagai sarana patroli personel polisi pariwisata untuk memantau situasi keamanan selama berlangsungnya Aquabike Jetski Danau Toba mulai 22-26 November 2023.

"Serta penggunaan alat khusus X-Ray, Security Door dan Metal Detector sebagai alat sterilisasi pemeriksaan terhadap tamu maupun pengunjung saat memasuki venue pertandingan dalam mengecah terjadi aksi teror," pungkasnya.

Baca juga : Tangkal Politik Uang, Perkuat Pengawasan Partisipatif Publik

Aquabike Jetski World Championship 2023 di Danau Toba digelar di empat kabupaten sekaligus, yaitu Toba, Karo, Dairi, dan Samosir pada 22-26 November 2023.

Aquabike Jetski World Championship 2023 dimulai dengan nomor ketahanan lebih dulu pada 22 November 2023 di Kabupaten Karo yang bertajuk Karo Cup yang diikuti oleh 41 rider.

Kemudian, Dairi Cup yang digelar di Kabupaten Dairi dan berlangsung sehari setelahnya. Kemudian nomor ini akan ditutup dengan Samosir Cup pada 24 November 2023 di Kabupaten Samosir.

Secara total, para pembalap akan melewati rute sejauh 188 km di nomor ini.

Baca juga : Pj Ketua TP PKK Sumsel Kunjungi Pusat Kerajinan Sulam Benang Emas Ranau

Setelah itu, Grand Prix (GP) Danau Toba 2023 akan memainkan nomor sirkuit di Kota Balige, Kabupaten Toba pada 25-26 November yang diikuti oleh 77 rider.

Dalam nomor ini, ada lima kategori yang dipertandingkan yakni Ski GP1, Runabout GP1, Ski Ladies GP1, Freestyle, dan Parallel Slalom.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.