Dark/Light Mode

Hadapi Musim 2024, IBL Jalin Kerja Sama dengan Liga Basket Jepang

Selasa, 5 Desember 2023 21:37 WIB
Penandatanganan kerja sama antara Indonesia Basketball League (IBL) B League Jepang, di Hotel Century, Jakarta, Selasa (5/12). (Foto: Istimewa)
Penandatanganan kerja sama antara Indonesia Basketball League (IBL) B League Jepang, di Hotel Century, Jakarta, Selasa (5/12). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia Basketball League (IBL) menggandeng pengelola kompetisi basket Liga Jepang atau B League untuk memajukan kompetisi IBL musim 2024. Kerja sama ditandai dengan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) antara Direktur Utama IBL Junas Miradiarsyah dengan Chairman B League Jepang Shinji Shimada, di Hotel Century, Senayan, Jakarta, Selasa (5/12).

Dalam kesempatan tersebut tampak hadir dua pemain Indonesia yakni Abraham Damar Grahita dan Brandon Jawato yang pernah tampil di kompetisi basket B League Jepang.

Menurut Junas, IBL bekerja sama dengan B League Jepang untuk berbagi ilmu format penyelenggaraan pertandingan kandang dan tandang. Hal ini dilakukan karena di musim kompetisi IBL 2024 akan digunakan format pertandingan kandang dan tandang atau home and away. Untuk tenggang waktu kerja sama IBL dan B League, dilakukan dalam jangka panjang.

Baca juga : Tutup Tahun 2023, Esa Unggul Jalin Kerja Sama Strategis di Portugal dan Spanyol

"Kerja sama dengan pengelola B League Jepang ini dilakukan dalam jangka panjang dengan durasi pertama selama 5 tahun. Tapi kita tentunya melihat juga 10 tahun ke depan karena membangun bisnis ini kan tidak dalam waktu satu dua tahun saja. perlu blue print yang panjang," kata Junas.

Damar Grahita, yang sudah merasakan ketatnya persaingan antara tim peserta kompetisi B League, senang IBL akhirnya menerapkan sistem kompetisi home and away.

"Sebetulnya ini format yang menarik, karena game-game-nya menurut saya akan lebih seru. Setiap tim pasti harus menyiapkan untuk fokus satu minggu menghadapi tim A, jadi kita benar-benar fokus jadi plan-nya, cara menjaga pemainnya benar-benar dipersiapkan dengan baik," kata Abraham.

Baca juga : Kapolri Sambangi Gedung Merah Putih, Bakal Teken Kerja Sama Bareng KPK

Dengan sistem ini, pemain harus lebih profesional dan harus menjaga badan serta kondisi fisiknya lebih baik lagi. Sebab, jadwal pertandingan akan jauh lebih padat. Para pemain juga harus menyiapkan kondisi fisik serta strategi yang akan diterapkan untuk menghadapi lawan di pertengahan minggu.

Damar menyambut baik format home and away IBL 2024 karena mereka akan bertanding di depan suporternya sendiri saat main kandang dan mendapatkan tekanan mental yang lebih berat dari suporter tim lawan saat main di kandang lawan.

Junas Miradiarsyah melanjutkan, pihaknya perlu melakukan persiapan optimal sebelum menerapkan format kandang dan tandang di musim kompetisi IBL 2024. Format kandang dan tandang sebelumnya sudah dicoba digelar pada IBL 2019. Namun, pada IBL 2020, kompetisi harus dihentikan akibat pandemi Covid-19, sehingga baru bisa dijalankan dengan sistem gelembung dua tahun terakhir.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.