Dark/Light Mode

Piala Asia 2023

Ini Pelajaran Usai Timnas Dipermak Iran 0-5

Rabu, 10 Januari 2024 12:05 WIB
Elkan Baggott saat Indonesia lawan Iran. (Foto : PSSI)
Elkan Baggott saat Indonesia lawan Iran. (Foto : PSSI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pelatih Shin Tae-yong berharap timnas Indonesia memetik pelajaran berharga usai dipermak timnas Iran pada laga uji coba ketiga jelang Piala Asia 2023.

Usai dua kali kalah lawan Libya, Marc Klok Cs kalah 0-5 dari Iran pada laga uji coba terakhir melawan Iran di Al Rayyan Sports Club, Doha, Qatar, Selasa (9/1). 

Menurut Shin Tae-yong salah satu faktor kekalahan skuad Garuda Indonesia karena jeleknya pertahanan.

Baca juga : 3 Kali Keok Uji Coba, Skuad Garuda Petik Pelajaran Berharga

"Pemain sudah berjuang dan kerja keras di lapangan. Memang ada beberapa kesalahan dari lini belakang kita, apalagi ada tiga gol yang merupakan hasil dari kesalahan kita sendiri, " kata Shin Tae-yong. usai laga.

Salah satu pelajaran yang dipetik, menurut pelatih asal Korea Selatan ini adalah soal bagaimana lawan menguasai bola dan bisa memanfaatkan serangan balik.  

"Kedepannya lawan akan lebih banyak menguasai bola. Karenanya kita akan melatih situasi itu, agar pemain bisa mencari celah untuk menyerang balik dan menciptakan peluang yang baik, " tambahnya. 

Baca juga : Perayaan HUT Banteng Dipastikan Tanpa Jokowi

Terkait Asnawi, Shin Tae-yong menjelaskan bahwa bahwa memang masih mengalami cedera. 

"Untuk Asnawi memang sebelumnya ada masalah otot, jadi fokus rehabilitasi selama ini, dan emmang hanya dimainkan 20-30 menitan untuk cek kondsi Asnawi seperti apa. Jadi di awal pertandingan Asnawi tidak bisa main sebagai kapten, mana dari itu wakil kapten, Jordi yang jadi kapten hari ini, " tambahnya.

Sementara itu, terkait Shayne Pattynama, Shin Tae-yong menyatakan bahwa dia masih di Belanda. 

Baca juga : Jelang Piala Asia, Skuad Garuda Dipermak Iran 5-0

"Kesehata ibunya kurang baik, ini situasi yang sangat sensitif untuknya jadi saya tidak bisa banyak berkomentar, " tukas Shin Tae-yong. 

Pada Piala Asia 2023, Timnas Indonesia tergabung di Grup D bersama Jepang, Irak, dan Vietnam. Pada laga perdana Timnas Indonesia akan menghadapi Irak, 15 Januari 2024.

Empat hari berselang, giliran Vietnam yang akan dihadapi. Pada laga terakhir grup, Jordi Amat dan kawan-kawan menantang Jepang, 24 Januari mendatang.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.