Dark/Light Mode

Aryo Djojohadikusumo Terpilih Aklamasi sebagai Ketua Umum Pordasi DKI

Sabtu, 13 Januari 2024 10:44 WIB
Ketua Umum Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) Provinsi DKI Jakarta Aryo Djojohadikusumo (ketiga kiri). (Foto: Istimewa)
Ketua Umum Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) Provinsi DKI Jakarta Aryo Djojohadikusumo (ketiga kiri). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Aryo Djojohadikusumo terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) Provinsi DKI Jakarta periode 2024-2028. Aryo ditetapkan sebagai ketua terpilih melalui Musyawarah Provinsi (Musprov) Pordasi DKI Jakarta, di Jakarta International Equistrian Park, Pulomas, Jakarta, Jumat (12/1).

"Saya sangat bersyukur acara Musyawarah Provinsi Pordasi DKI Jakarta 2024 telah berjalan dengan baik. Acara telah berjalan menampung aspirasi masukan dari para anggota 25 stable dan juga klub yang terdaftar di Pordasi DKI Jakarta," kata Aryo kepada pewarta.

Aryo terpilih secara aklamasi usai dirinya menjadi satu-satunya calon Ketua Umum Pordasi DKI Jakarta. Sebelumnya, Aryo terpilih sebagai Ketua Umum Pordasi DKI Jakarta periode 2021-2023 sepeninggalan Alex Asmasoebrata yang berpulang pada 2 Januari 2021.

"Semua aspirasi telah terdengar dalam proses penjaringan-penjaringan calon telah berjalan. Memang syaratnya banyak, syukur alhamdulillah saya kembali terpilih. Ini merupakan kehormatan dan juga tugas bagi saya untuk menjalankan semua program-program yang sudah disampaikan (di Musprov)," ungkap Aryo.

Baca juga : Bagas Kurniawan, Alumni Cumlaude UI Terpilih Jadi Ketua Umum PB HMI

Aryo mengatakan, Pordasi DKI Jakarta kini tengah mempersiapkan para atletnya untuk bertanding di Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 Aceh-Sumatera Utara. "Target besar di periode kedua memang kalau setahun ke depan adalah persiapan PON. Namun tidak hanya di situ, apalagi ini adalah amanah untuk empat tahun ke depan," kata Aryo.

Dalam PON 2024, Pordasi DKI Jakarta memasang target sebagai juara umum berkuda. Aryo juga ingin merealisasikan rencananya di forum Musprov untuk membangun arena trek pacuan kuda bertaraf internasional.

"Yang paling besar yang mungkin belum tercapai adalah janji saya kepada forum Musyawarah Provinsi, baik di Pordasi DKI Jakarta maupun teman-teman di Pengurus Pusat Pordasi, untuk mempersembahkan arena trek pacuan kuda bertaraf internasional di DKI Jakarta," urai Aryo.

Target Juara Umum

Mengenai target di PON Aceh- Sumut, Aryo menargetkan Pordasi DKI Jakarta menjadi juara umum di cabang olahraga pacuan dan equistrian. Total nomor yang dipertandingkan ada 22, baik dari pacuan maupun equestrian total 22.

Baca juga : Sah, Reza Purnama Terpilih Ketua Umum Kohati PB HMI Periode 2023-2025

"Dari 22 nomor disiplin ini kami menargetkan minimum 10 medali emas. Target ini harus bisa karena untuk mengulang pencapaian dan prestasi DKI Jakarta di PON 2016 di Jawa Barat yang lalu, Insya Allah di Aceh Sumut akan kami ulang lagi dan jadi juara umum," katanya.

Aryo menguraikan, dari 22 nomor yang dipertandingkan nanti, DKI Jakarta membidik enam medali emas di equistrian dan empat emas di pacuan kuda. Untuk merealisasikan hal tersebut, Aryo Pordasi DKI Jakarta telah mengirimkan para atletnya menjalani pemusatan latihan di Jakarta, Salatiga, Jerman dan Belanda.

"Atlet-atlet kami, rider, dan joki sedang melakukan pelatihan, ada yang di luar negeri di Jerman dan Belanda maupun ada juga yang di Salatiga dan Jakarta. Ini merupakan keseriusan kami untuk merebut juara umum di olahraga berkuda di Pekan Olahraga Nasional ke-21 nanti," urai Aryo.

Aryo menjelaskan, para atletnya masih mempunyai persiapan yang panjang untuk memperkuat catatan waktu mereka selama tampil di Babak Kualifikasi PON 2024 maupun Kejuaraan Nasional (Kejurnas). Untuk memperkuat catatan waktu tersebut, Pordasi DKI Jakarta akan memfasilitasi lewat program, penandatanganan pelatih nasional dan dari luar negeri hingga memberikan peralatan yang lebih untuk joki maupun kuda.

Baca juga : Aklamasi, Erik Hidayat Terpilih Menjadi Ketua Umum HIPPI 2023-2028

"Kami akan siapkan program lebih, akan kami datangkan juga selain pelatihan nasional tapi juga pelatihan dari luar negeri, akan kami perkuat juga peralatan olahraganya, baik nanti dari peralatan joki maupun kuda-kuda. Akan kami perkuat lagi, ini masih ada waktunya sampai beberapa bulan menjelang PON," pungkas Aryo.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.