Dark/Light Mode

Seleksi Timnas U-20 Lewat Uji Coba Lawan Klub Liga 1

Minggu, 14 Januari 2024 06:23 WIB
Tim U-20 Indonesia beruji coba dengan Bhayangkatra FC di Stadion Madya, Jakarta, Sabtu (13/1). (Foto : PSSI)
Tim U-20 Indonesia beruji coba dengan Bhayangkatra FC di Stadion Madya, Jakarta, Sabtu (13/1). (Foto : PSSI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pelatih Indonesia, Indra Sjafri memastikan akan terus menyeleksi pemain mengisi slot timnas U-20. Laga uji coba dengan tim Liga 1 akan jadi ajang promosoi dan degradasi.

Sabtu (13/1) lalu, tim U-20 Indonesia beruji coba dengan Bhayangkatra FC di Stadion Madya, Jakarta, Sabtu (13/1). Laga yang berlangsung 3x40 menit itu dimenangkan Bhayangkara FC dengan skor 2-1.

Pelatih Indonesia, Indra Sjafri, mengatakan Bhayangkara FC dipilih sebagai lawan uji coba karena klub tersebut berdomisili di Jakarta.

Skuad Garuda Muda memang tengah menggelar pemusatan latihan atau training camp (TC) di Ibu Kota sejak awal tahun.

Baca juga : Arema FC Siapkan Laga Uji Coba Lawan Klub Liga 1

"Sesuai dengan roadmap dan program mingguan kita, setiap Sabtu pagi kami melakukan uji coba dengan tim-tim Liga 1 yang ada di sekitar Jakarta," kata Indra Sjafri.

"Kenapa, karena juga saya pikir tim Liga 1 lagi persiapan dan butuh uji coba dan termasuk hari ini Bhayangkara FC setuju dalam rangka persiapan tim mereka," tambahnya.

Uji coba ini juga digunakan Indra Sjafri sebagai sarana memantau kualitas para pemain. Sebab, Indra Sjafri masih melakukan sistem promosi dan degradasi di setiap pekannya.

Skuad berjuluk Garuda Nusantara ini diproyeksikan untuk tampil di Piala AFF U-19 2024 dan Kualifikasi Piala Asia U-20 2025. Kemudian, target besarnya adalah lolos ke putaran final Piala Dunia U-20 2025.

Baca juga : Timnas Indonesia Vs Iran, Uji Coba Strategi Menuju Piala Asia

"Kami mencari pemain-pemain yang benar-benar berkualitas. Uji coba hanya satu aspek saja. Dari mulai profile medis, profile fisik, dan lain-lain."

"Ya dengan alat-alat sport science kita. Dan Kemampuan individual taktikal dan grup taktikal dan tim taktikal, bagaimana dia (pemain) mencerna taktik-taktik sederhana, kita melihat dari uji coba," ujar pelatih yang sukses meraih medali emas SEA Games 2023 Kamboja bersama Timnas Indonesia U-23 tersebut.

Indra Sjafri juga membuka peluang memperpanjang waktu pemusatan latihan atau training camp (TC) Timnas Indonesia U-20 yang awalnya digelar sampai 30 Januari. Namun, keputusan tersebut bergantung dari klub-klub Liga 1.

"Dan setelah (uji coba) itu apakah tanggal 1 Februari kita akan kembalikan (pemain) ke klub karena ada persiapan dari liga, atau memang liga belum persiapan, kita akan perpanjang TC sampai tanggal 10 Februari," tutur juru taktik asal Sumatera Barat tersebut.

Baca juga : Malam Ini, Skuad Garuda Uji Coba Lawan Libya

Sementara itu, arsitek Bhayangkara FC, Mario Gomez, senang karena timnya mendapatkan kesempatan bertanding dengan tim U-20 Indonesia. Gomez turut memuji permainan Iqbal Gwijangge dan kawan-kawan.

"Mereka punya para pemain potensial dan cepat. Ini juga menjadi momen tepat untuk kami. Hasilnya tidak penting, karena yang lebih penting adalah permainannya," ujar pelatih asal Argentina tersebut.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.