Dark/Light Mode

Piala Asia 2024, Timnas U-23 Mau TC Ke Turki

Minggu, 3 Desember 2023 08:46 WIB
Para pemain timnasU-23. (Foto : ist)
Para pemain timnasU-23. (Foto : ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Timnas Indonesia direncanakan menggelar Training Camp (TC) di Turki mulai 20 Desember 2023. Pemusatan latihan ini menjadi bukti keseriusan Garuda menatap Piala Asia U-23 2023.

Ketua Badan Tim Nasional Sumardji mengatakan, pihaknya telah mengantongi 30 nama yang akan dipanggil mengikuti TC di Turki. Namun, target mereka membawa 40 pemain.

Langkah ini dilakukan karena tim asuhan Shin Tae-yong akan berhadapan dengan tim-tim berat di Grup D.

Baca juga : Lawan Tango Muda, Mali Nafsu Kejar Peringkat 3

Seperti Jepang, Irak dan Vietnam, sehingga butuh persiapan yang matang sebelum tampil di ajang aja digelar pada 12 Januari-10 Februari 2024 di Qatar itu.

“Kami akan bawa, kalau tidak salah itu kalau nama-nama yang sementara yang diserahkan ke saya untuk dilakukan pemanggilan ada 30 pemain,” kata Sumardji kepada awak media.

“Namun, masih belum pasti ya, bisa nambah dari 30 itu bisa juga 40 gitu, tergantung kebutuhan,” jelasnya.

Baca juga : Shin Tae Yong Janji Timnas Gacor Main Di Kandang

Lebih lanjut, nantinya pemain yang akan dibawa ke Piala Asia tidak sebanyak itu. Sesuai regulasi Piala Asia 2023, hanya ada 23 pemain yang bisa didaftarkan.

Timnas Indonesia juga ada potensi memainkan pemain naturalisasi baru yang kini sedang diproses PSSI. Mereka adalah Jay Idzes, Justin Hubner, Ragnar Oratmangoen, dan Nathan Nathan Tjoe-A-On.

“Kemarin (Shin Tae-yong) menyampaikan ke saya informasi lisan awal menyampaikan Pak Marji nanti kita panggil ya mungkin bisa 40 bisa 30 (pemain) gitu. Tapi yang akan kita pakai ya sesuai regulasi, 22 atau 23, kan. Seperti itu,” katanya.

Baca juga : Piala Asia 2023, Panitia Mau Sumbangkan Pendapatan Tiket Buat Palestina

Di laga pertama Piala Asia 2023, Timnas Indonesia akan menghadapi Irak di Ahmad bin Ali Stadium Pada 15 Januari. Empat hari berikutnya, skuad Garuda akan melawan Vietnam di Abdullah bin Khalifa Stadium.

Untuk laga pamungkas menghadapi Jepang tersaji Al Thumama Stadium pada 24 Januari. Untuk lolos otomatis ke babak berikutnya, Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan harus menjadi juara atau runnerup Grup D.

Peluang lainnya adalah dari peringkat tiga terbaik. Ada empat slot untuk posisi ini yang akan diperebutkan oleh enam tim. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.