Dark/Light Mode

Hore, Indonesia Cetak Sejarah Lolos Babak 16 Besar Piala Asia

Jumat, 26 Januari 2024 05:31 WIB
Duel Indonesia vs Jepang di laga terakhir grup D. (Foto : ist)
Duel Indonesia vs Jepang di laga terakhir grup D. (Foto : ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Timnas Indonesia mencetak sejarah di jagat sepak bola Asia. Untuk kali pertama, skuad Garuda lolos babak 16 besar Piala Asia, dalam lima edisi keikutsertaan.

Kepastian ini datang, setelah Kirgistan berhasil menahan imbang Oman 1-1, pada laga terakhir Grup F di Stadion Abdullan Bin Khalifa, Kamis (25/1/) malam. 

Baca juga : RAP FC Indonesia, Tim Sepakbola Advokat Juara Dunia Dan Asia

Dalam laga tersebut, Oman unggul pada menit ke-8 lewat Muhsen Al Ghassani. Kirgistan baru bisa membalasnya pada menit ke-80 lewat Joel Kojo.

Hasil imbang ini membuat Oman finish di posisi ketiga Grup F dengan nilai 2. Oman berada di bawah Indonesia, tim peringkat ketiga Grup D yang mengumpulkan nilai 3.

Baca juga : Acara #Demi Indonesia Cerdas Memilih di Sumsel Terbesar dan Paling Ramai

Piala Asia 2023 memberikan jatah empat tim peringkat ketiga terbaik dari enam grup, untuk lolos ke babak gugur. Indonesia menempati peringkat keempat tim peringkat ketiga terbaik, sehingga berhak tampil di 16 besar.

Sebelumnya, Indonesia kalah lawan Irak dan Jepang. Namun Indonesia berhasil mengunci angka penuh, usai menang lawan Vietnam hingga mendulang poin 3.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.