Dark/Light Mode

Piala Asia 2023

Begini Skenario Timnas Lolos Ke Babak 16 Besar

Rabu, 24 Januari 2024 06:16 WIB
Para pemain timnas senior. (Foto : PSSI)
Para pemain timnas senior. (Foto : PSSI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Malam ini, Rabu (24/1), duel lawan Jepang di grup D, akan menentukan nasib timnas Indonesia menuju babak 16 besar Piala Asia 2023. Berikut skenario anak asuh Shin Tae-yong ini bisa bertahan di fase gugur.

Seperti diketahui dari enam grup Piala Asia 2023, peringkat satu atau juara grup dan peringkat dua alias runner up dipastikan lolos ke babak 16 besar.

Peringkat ketiga fase grup masih bisa lolos, tapi hanya empat tim terbaik yang bisa lolos. 

Baca juga : Justin Hubner Cs Pantang Jiper Lawan Timnas Jepang

Jepang dan Indonesia masih belum aman ke babak 16 besar. Di grup D, baru timnas Irak yang sudah menyegel tiket fase gugur.

Indonesia dan Jepang memperebutkan posisi runner up dan juara tiga terbaik untuk lolos ke babak selanjutnya.

Jika Indonesia berhasil mengalahkan timnas Jepang, maka timnas Indonesia dipastikan meraih runner up dan otomatis lolos ke babak 16 besar.

Baca juga : Piala Asia: Tajikistan Lolos, China Terancam Gagal

Namun, jika Asnawi Mangkualam Cs hanya bisa menahan imbang Jepang, maka Indonesia akan finish di peringkat tiga grup D.

Harapan lolos masih terbuka lebar, dengan syarat di grup lainnya, yakni salah satu dari Bahrain atau Oman yang terpeleset.

Namun jika Indonesia kalah dari Jepang, maka Oman menjadi penentunya. Oman harus imbang atau kalah di pertandingan terakhir melawan tajikistan tidak peduli apa hasil dari timnas Bahrain.

Baca juga : Piala Asia 2023, Tim Garuda Tatap Babak 16 Besar

Jika Oman imbang, poin mereka hanya 2 poin, sementara jika Indonesia kalah poin Indonesia masih 3. Jadi Indonesia bisa lolos sebagai urutan empat peringkat ketiga terbaik.

Oman di grup E dan Bahrain di grup F baru akan bermain pada Kamis (25/1).

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :