Dark/Light Mode

Jelang SEA Games Philipina, PSSI Terus Apresiasi Klub Liga 1 Putri

Kamis, 31 Oktober 2019 10:57 WIB
Tim Liga 1 Putri. (Foto: Istimewa).
Tim Liga 1 Putri. (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - PSSI resmi membuka gelaran liga 1 Putri untuk pertama kalinya dalam sejarah sepak bola Indonesia pada 5 Oktober lalu. Kompetisi yang diikuti oleh 10 klub dari liga 1 tersebut dibagi menjadi dua zona grup.

Pada zona grup A dihuni oleh Persija Jakarta, PS Tira, PSS Sleman, PSIS, dan Persib Bandung. Kemudian di zona grup B banyak dihuni oleh tim yang berasal dari timur Indonesia, seperti PSM Makassar, Persipura, Arema FC, Persebaya Surabaya dan Bali United.

Dalam pelaksanannya akan ada 4 seri dimana setiap seri akan ada 10 pertandingan. Grup A mengawali seri pertama dengan bermain di Stadion Maguwoharjo Kota Sleman dan seri kedua di Stadion Pakansari Kota Bogor, kemarin.

Sedangkan grup B akan bermain di Stadion Brantas Kota Batu lalu seri kedua di Lapangan Samudra Kuta dan Stadion Dipta di Bali. Ratu Tisha selaku sekjen PSSI mengapresiasi para peserta yang telah mengambil bagian.

Baca juga : Pra PON Gulat: Ketum PP PGSI Apresiasi Antusiasme Peserta

"Kepada klub peserta, kami sampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi. Mari bersama kita bangkitkan sepak bola wanita di Indonesia dengan kompetisi yang sehat dan berkelanjutan" Kata Ratu Tisha.

Pertandingan pembuka grup A antara tuan rumah PSS Sleman melawan PS Tira menjadi laga pembuka liga putri tahun ini dimana PSS Sleman harus mengakui keunggulan tim tamu dengan skor akhir 1-3.

Kompetisi yang sudah berlangsung 3 minggu ini akan memasuki seri 3 dan sudah menyedot penonton sebanyak 4.428. Hingga tanggal 29/10 di Grup A Persib Bandung masih memimpin klasmen sementara dengan 18 poin setelah kemaren mampu menang atas PSIS Semarang dengan skor 1-0, disusul PS Tira dengan 16 Poin.

Pada Grup B, Arema FC yang mampu mengalahkan lawannya Persebaya Surabaya dengan skor 4-1 memimpin klasmen sementara dengan 21 poin , disusul oleh Persipura Jayapura dengan 19 Poin.

Baca juga : Persija Puncaki Klasemen Grup A Liga 1 Putri 2019

Nantinya juara grup dan runner up akan lolos ke semifinal, yang nantinya akan menggunakan sistem gugur. Hingga Seri 2, Febriana Kusumaningrum asal klub Persib Bandung, menjadi pencetak gol terbanyak dengan 10 Gol, disusul oleh Baiq Amiatun asal PS Tira Kartini dengan 9 gol, Sheva Imut asal Arema Malang dengan 8 gol dan Mayang ZP asal Persija Jakarta dengan 7 gol.

Keempat Top Skorer sementara liga 1 Putri tersebut merupakan anggota Tim Nasional asuhan Pelatih Ruli Nere.

Harapannya dengan, digelarnya liga putri wanita ini nantinya akan melahirkan, pesepakbola berbakat wanita yang nantinya akan menjadi pemain Tim Nasional Indonesia.

Tim Nasional Wanita gelar pemusatan latihan jelang Sea Games Sebanyak 23 Pemain dipanggil oleh Rulli Nere dalam pemusatan latihan jelang Sea Games di Philipina.

Baca juga : Pemilu Serentak 2019 Sukses, Mendagri Apresiasi Semua Pihak

Pada kesempatan itu 13 dari 23 pemain yang dipanggil merupakan pemain dari liga 1 Putri yang baru digulirkan oleh PSSI pada bulan lalu.

Rencananya mereka akan melakukan pemusatan latihan dari tanggal 2-26 November di Sawangan. Pada Sea Games Philipina nanti Tim Nasional Wanita Indonesia akan berada didalam grup yang sama dengan Tim Nasional Wanita Thailand dan Vietnam.[WUR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.