Dark/Light Mode

Laga Uji Coba

Portugal Vs Swedia, Formasi Anyar Minus Para Bintang

Rabu, 20 Maret 2024 13:15 WIB
Para pemain timnas Portugal. (Foto : ist)
Para pemain timnas Portugal. (Foto : ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Timnas Portugal akan menguji kemampuanya untuk Piala Eropa dengan melawan timnas Swedia dalam duel International Friendly Match atau laga uji coba.

Duel akan dihelat di Estadio D Afonso Henriques, Jumat (22/3/2024), pukul 02:45 WIB, Live Vision+, Soccer Channel.

Portugal merupakan salah satu tim peserta Euro 2024. Sementara Swedia, absen karena gagal lolos dari babak kualifikasi. Swedia finis peringkat tiga Grup F setelah Belgia dan Austria.

Melawan Swedia, yang kini ditangani pelatih baru Jon Dahl Tomasson, Portugal tidak akan turun dengan kekuatan penuh.

Pelatih Timnas Portugal, Roberto Martinez, memutuskan untuk mengistirahatkan beberapa pemainnya, termasuk sang kapten Cristiano Ronaldo.

Martinez memanggil 32 pemain untuk jeda internasional kali ini. Namun delapan pemain diistirahatkan untuk laga pertama. Mereka adalah Ronaldo, Diogo Dalot, Joao Cancelo, Danilo Pereira, Otavio, Ruben Neves, Vitinha, dan Joao Felix.

Meski demikian, Portugal tetap bakal difavoritkan. Pasalnya, selain memiliki kedalaman skuad yang mumpuni.

Dalam sepuluh laga terakhir, Portugal selalu menang. Tujuh di antaranya diraih Portugal dengan margin dua gol atau lebih. Sembilan di antaranya mereka lalui tanpa kebobolan.

Portugal yang sudah resmi lolos EURO 2024 kini tengah fokus untuk mempersiapkan diri jelang Piala Eropa yang diselenggarakan di Jerman tersebut.

Baca juga : Kalah Lawan Persib, Thomas Doll: Harusnya Kami Bisa Imbang

Pelatih Timnas Portugal, Roberto Martinez, sedianya akan membawa Selecao berlaga dalam 5 laga uji coba, dari kontra Swedia dan Slovenia pada Maret, dilanjutkan dengan partai lawan Finlandia, Kroasia, dan Republik Irlandia pada Juni.

Portugal berkepentingan untuk tiba di EURO 2024 dalam kondisi terbaik. Ini bisa jadi kesempatan terakhir untuk Cristiano Ronaldo, kapten sekaligus top skor mereka, tampil di Piala Eropa.

CR7 tercatat sudah mencetak 128 gol dalam 205 penampilan untuk Selecao. Gol termutakhirnya tercipta pada November 2023 lalu saat lawan Liechtenstein.

Hanya saja, Ronaldo, beserta Joao Felix (Barcelona), Ruben Neves (Al Hilal), Otavio (Al Nassr), Vitinha (PSG), Danilo Pereira (PSG), Joao Cancelo (Barcelona), hingga Diogo Dalot (Manchester United) baru bergabung ke skuad Portugal usai laga kontra Swedia.

Dengan demikian, partai ini bisa digunakan Roberto Martinez untuk memaksimalkan pemain muda Selecao.

Tanpa Ronaldo, di lini depan, Portugal masih punya Rafael Leao yang tengah on fire bersama AC Milan. Ada pula Goncalo Ramos (PSG) dan Bruma (Braga).

Selain itu, penyerang lain adalah Dany Mota (Monza), Francisco Conceicao (Porto), dan Jota Silva (Vitoria de Guimaraes) yang belum pernah mencicipi caps internasional.

Sebelum laga kontra Swedia, Portugal dalam tren positif 10 laga internasional beruntun selalu berakhir dengan kemenangan.

Ini merentang sejak skor 4-0 lawan Liechtenstein pada Maret 2023 hingga menang 2 gol tanpa balas kontra Islandia pada November tahun lalu. Total, Selecao mencetak 36 gol dan hanya kebobolan 2 kali.

Baca juga : PSG Hajar Real Sociedad, Mbappe Jadi Bintangnya

Roberto Martinez bakal memanfaatkan 2 laga pada Maret 2024, yaitu lawan Swedia dan Slovenia, untuk percobaan formasi.

Ia bahkan menggunakan konsep skuad terpisah untuk 31 pemain yang dibawanya. Ada yang difokuskan untuk laga kontra Swedia, sedangkan yang lain untuk duel versus Slovenia.

Keputusan Martinez ini juga cocok dengan para pemain. Pasalnya, di level klub, mereka tengah menghadapi laga-laga krusial penentu musim.

Dengan hanya tampil dalam 1 laga di antara 2 partai uji coba, tenaga mereka tidak terkuras untuk pertandingan internasional, di samping para pemain akan aman dari cedera.

“Keputusan untuk memisahkan grup dan memainkan satu pertandingan saja sangat membantu kami sedang memasuki fase penentuan. Ini bakal membantu kami mencapai Kejuaraan Eropa dalam kondisi terbaik,” ujar gelandang senior Portugal, Bernardo Silva dikutip RTP.

Khusus untuk laga menghadapi Swedia, Martinez tampaknya akan menjajal banyak pemain muda. Selain 3 penyerang, ada pula bek Diogo Leite (Union Berlin) yang belum pernah membela Portugal.

Nama lain dengan caps terbatas adalah kiper Jose Sa (Wolves), bek Toti Gomes (Wolves), bek Joao Mario (Porto), gelandang Joao Neves (Benfica), hingga bek Goncalo Inacio (Sporting Lisbon).

“Siapa yang muncul di sini (masuk ke timas Portugal), lapar untuk menang. Kami juga memiliki generasi muda, dengan banyak energi, dan kami semua memiliki ambisi untuk mempersiapkan Kejuaraan Eropa dengan cara terbaik,” tambah Bernardo Silva.

Swedia sendiri sudah dipastikan tidak lolos ke EURO 2024. Yang bisa mereka persiapkan hanyalah jalan menuju UEFA Nations League (UNL) yang baru diputar pada September 2024.

Baca juga : Agar Tidak Gaduh, KIP Ingatkan KPU Informasi Harus Akurat

Perjalanan tim asuhan John Dahl Tomasson juga tidak istimewa. Mereka menang 2 kali dalam 2 laga terakhir, tetapi itu terjadi kontra Estonia, yang secara ranking FIFA memang di bawah Blagult.

Dari segi individual, sejatinya Swedia cukup menjanjikan, terutama di lini depan. Blagut memiliki pemain seperti Alexander Isak (Newcastle), Dejan Kulusevski (Tottenham) hingga Anthony Elanga (Nottingham).

Dalam 5 pertemuan terakhir, Portugal tercatat 4 kali menang atas Swedia, dan hanya kalah sekali pada Maret 2017.

Bahkan, dalam perjumpaan pemungkas, Selecao bisa menggilas Swedia dengan skor telak 3-0 via brace Diogo Jota dan gol Bernardo Silva.

Prediksi Susunan 

Timnas Portugal (4-3-3) : Jose Sa; Nelson Semedo, Pepe, Nuno Mendes, Diego Leite; Matheus Nunes, Joao Palhinha, Bruno Fernandes; Bernardo Silva,Goncalo Ramos, Rafael Leao.

Timnas Swedia (4-3-3) : Robin Olsen; Emil Krafth, Victor Lindelof, Ludwig Augustinsson, Isak Hien; Jens Cajuste, Mattias Svanberg, Emil Forsberg; Viktor Gyokeres, Dejan Kulusevski, Alexander Isak.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.