Dark/Light Mode

Bamsoet Dukung Pembukaan Sirkuit Indoor Barcode Gokart

Selasa, 2 April 2024 20:29 WIB
Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo (tengah). (Foto: Istimewa)
Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo (tengah). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendukung dibukanya Barcode Gokart, sirkuit indoor gokart elektrik pertama di Indonesia. Kehadiran Barcode Gokart diharapkan mampu mengembangkan olahraga Gokart serta menghasilkan atlet gokart elektrik berprestasi internasional.

Bamsoet menerangkan, Barcode Gokart yang akan dibuka pada 18 April 2024 ini berlokasi di Mall of Indonesia (MOI) Jakarta. Berdiri di atas lahan seluas 3.000 meter persegi, Barcode Gokart memiliki lintasan sepanjang 280 meter, dengan 18 tikungan dan 3 check point.

Baca juga : Bamsoet Tegaskan, Indonesia Terus Dukung Kemerdekaan Palestina

"Tidak hanya diperuntukkan bagi orang dewasa saja, Barcode Gokart juga memiliki jalur khusus untuk kelas junior, menjadikannya destinasi olahraga yang sempurna untuk keluarga," ujar Bamsoet, usai menerima team Barcode Gokart, di Jakarta, Selasa (2/4/24). Team Barcode Gokart hadir antara lain Daniel Sugiharto, Melita Utama, Bernard Sugiharto, Catherine Leo dan Kanz Randhawa.

Ketua MPR ini menjelaskan, dalam membuat sirkuit indoor gokart elektrik, Barcode Gokart bekerja sama dengan SODIKART, perusahaan industri karting internasional dari Perancis. Tim ahli SODIKART terlibat langsung guna memastikan sisi kelayakan serta keamanan dari sirkuit Barcode Gokart telah memenuhi standar internasional.

Baca juga : BNPT Apresiasi Konsistensi UNODC Dukung Penanggulangan Terorisme di Indonesia

"Gokart elektrik yang digunakan Barcode Gokart merupakan produksi dari SODIKART, dengan merek SODI. Saat ini Barcode Gokart telah memiliki gokart elektrik SODI sebanyak 20 buah. Kecepatan maksimal gokart elektrik SODI bisa mencapai 70 km per jam," kata Bamsoet.

Ketua Dewan Pembina Depinas SOKSI ini menuturkan, guna menghasilkan atlet balap gokart elektrik berprestasi, Barcode Gokart membuka Barcode Academy. Salah satu misinya menumbuhkan bakat-bakat pembalap baru dengan mengadakan ekstrakurikuler olahraga gokart di usia muda melalui kegiatan klub sekolah.

Baca juga : Bamsoet Dukung Prabowo-Gibran Lakukan Pemisahan Ditjen Pajak dari Kemenkeu

Kelas di Barcode Academy dibagi menjadi empat tingkatan. Tingkat pemula untuk usia 7-13 tahun, tingkat menengah usia 10-13 tahun, tingkat junior berusia 12-17 tahun serta senior berusia 15 keatas.

"Barcode Gokart juga akan mengadakan series kejuaraan gokart elektrik di Tanah Air. Setiap tahunnya akan dilangsungkan sebanyak 6 series. Dua pemenang kejuaraan series Barcode Gokart akan dikirim mewakili Indonesia untuk bertarung di kejuaraan internasional gokart elektrik SODI Word Series di Eropa," pungkas Bamsoet.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.