Dark/Light Mode

Bakri Jaga Asa Ke Olimpade Paris 2024

Minggu, 7 April 2024 05:44 WIB
Ganda putra Indonesia Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri. (Foto : Ist)
Ganda putra Indonesia Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ganda putra Indonesia Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri alias Bakri diharapkan bisa menembus semifinal Kejuaraan Bulutangkis Asia (Badminton Asia Championships/BAC) 2024.

Harapan itu demi kans mereka ke Olimpiade Paris 2024. Bagas/Fikri jadi salah satu dari dua pasang wakil Indonesia yang masih diharapkan bisa menembus Olimpiade 2024.

Selain mereka, ada ganda campuran Rinov Rivaldy/Phita Haningtyas Mentari. Namun, langkah Bagas/Fikri relatif lebih berat. Karena selisih poin dengan pesaingnya dari China, Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi, yang berada di peringkat ke delapan cukup besar.

Baca juga : Gema Cita Deklarasikan PHD sebagai Calon Gubernur DKJ Pilkada 2024

Menilik ranking Race to Paris per tanggal 2 April 2024, untuk sementara Liu/Ou mengemas 74.458 poin. Sedangkan BakRi, akronim Bagas/Fikri, 72.179 poin dan berada di peringkat kesembilan.

Atas dasar itu, pelatih ganda putra Indonesia Aryono Miranat menilai Bagas/Fikri wajib berjuang lebih keras di Kejuaraan Bulutangkis Asia 2024 di Ningbo, China, 9-14 April nanti.

Terlebih kejuaraan itu menjadi kualifikasi terakhir atlet untuk mengumpulkan poin Olimpiade. Sebelum BWF resmi menutupnya pada 28 April dan mengumumkan atlet yang lolos pada dua hari berikutnya.

Baca juga : Amankan Mudik Lebaran, Jabar Gelar Operasi Ketupat Lodaya 2024

“Pokoknya harus bisa lebih dari Liu/Ou, itu satu,” kata Aryono saat ditemui pewarta di Pelatnas Cipayung, Jakarta Timur, Sabtu (6/4).

Kalau Liu/Ou gugur di babak 32 besar, dan BakRi gugur di 16 besar, posisi mereka tetap belum aman. BakRi harus bisa menembus semifinal. “Karena kalau di ronde kedua, delapan besar saja poinnya sudah nggak cukup,” jelasnya.

Di semifinal, sambungnya, ada penambahan poin. Saat ini, perbedaan poin antara BakRi dan Liu/Ou sekitar 2400. Makanya, BakRi harus lolos semifinal. “Lebih 1000 kalau masuk semifinal,” lanjutnya.

Baca juga : Cetak Sejarah, Lifter Eko Dapat Tiket Olimpiade Kali Kelima

Aryono menyadari, tingginya harapan kepada BakRi untuk mendapat hasil terbaik di BAC 2024 akan memberikan tekanan lebih kepada atletnya tersebut.

Untuk itu, dia berupaya terus menjaga motivasi kedua atletnya tersebut agar tak kendur. “Paling kita tetap memotivasi, kan sebelum latihan kita ada baris, kita kasih tahu jangan jadi pressure,” pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.