Dark/Light Mode

10 Negara Siap Hadir Di Kejuaraan Dunia Barongsai FOBI

Rabu, 17 April 2024 21:50 WIB
Para pengurus FOBI. (Foto : Ist)
Para pengurus FOBI. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengurus Besar Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (PB FOBI) bikin gebrakan dengan menggelar Kejuaraan Dunia Barongsai. 

Sebanyak 550 atlet dari 10 negara dipastikan ikut dalam turnamen.di venue Britama Arena, Mahaka Square, Kelapa Gading, Jakarta pada 17 sampai 19 Mei 2024.

"Event akbar yang menggunakan tajuk “Piala Presiden: First FOBI World Lion and Dragon Dance Championship 2024” ini merupakan pagelaran yang pertama kali diselenggarakan FOBI sejak diterima sebagai anggota KONI," kata Ketua Umum Edy Kusuma dalam keterangannya, Rabu (17/4).

Baca juga : Kejar Target, PUPR Siap Gelar Upacara Kemerdekaan Di IKN

Menurut Edy, ajang kelas dunia itu bakal memperebutkan tiga piala berbeda dari tiga jenis kelompok pertandingan, yakni kelompok pertama akan memperebutkan Piala Presiden melalui pertandingan Barongsai (Southern Lion Dance).

Untuk kelompok kedua, merupakan pertandingan Pekingsai (Northern Lion Dance) yang akan memperebutkan Piala Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora). Terakhir laga Naga (Dragon Dance) yang akan memperebutkan Piala Menteri Pertahanan (Menhan).

Dalam kejuaraan itu, PB FOBI mendorong agar 180 atlet dari Indonesia yang berasal dari sejumlah klub barongsai bisa unjuk gigi, sehingga bisa mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia.

Baca juga : H+2 Lebaran Lalu Lintas Lancar, Dishub Jabar Mulai Amankan Arus Balik

FOBI resmi diterima sebagai salah satu Cabang Olahraga prestasi di Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat pada tanggal 20-22 Februari 2013.

Kini  FOBI memiliki pengurus di 27 provinsi dari 38 provinsi Indonesia. Total klub/sasana Barongsai yang ada di seluruh Indonesia jumlahnya diperkirakan ada sekitar 500 klub.

Di antaranya sekitar 300 klub/sasana di tingkat provinsi maupun kota/kabupaten sudah menjadi anggota FOBI dan masih terus bertambah dengan bergabungnya klub yang masih berada diluar FOBI.

Baca juga : 4 Wakil Indonesia Siap Tarung di Perempat Final Kejuaraan Bulutangkis Asia 2024

Berdasarkan kartu anggota FOBI yang terdaftar, jumlah atlet FOBI yang ada dan aktif di 27 provinsi tersebut jumlahnya tidak kurang dari 2.000 personil.  

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.