Dark/Light Mode

Bamsoet Dukung UI Racing Team Berlaga di Formula Student Czech 2024

Kamis, 25 April 2024 20:08 WIB
Ketua MPR/Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo (tengah). (Foto: Dok. MPR)
Ketua MPR/Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo (tengah). (Foto: Dok. MPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua MPR sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendukung para mahasiswa Universitas Indonesia (UI) yang tergabung dalam UI Racing Team ikut dalam kompetisi Formula Student Czech 2024. Formula Student Czech 2024 merupakan kejuaraan balap antar mahasiswa tingkat dunia yang diikuti puluhan tim dari berbagai negara, pada 5-10 Agustus 2024 di Sirkuit Internasional Autodrom Most, Czech.

"UI Racing Team merupakan sebuah tim riset mahasiswa yang melakukan desain, manufaktur, dan balap sebuah mobil formula. Para mahasiswa UI merakit sendiri kendaraan balap Formula yang akan digunakan dalam Formula Student Czech 2024. Mulai dari desain hingga manufaktur," ujar Bamsoet, usai menerima UI Racing Team, di Jakarta, Kamis (25/4).

Baca juga : Bamsoet Dukung Fashion Show Tenun dan Batik Indonesia di San Polo, Italia

Hadir dari UI Racing Team antara lain Dewan Penasehat Komjen Pol (Purn) Nanan Soekarna, Arfadhila Pyrenadi Adam, Muhammad Riffat Muntaz Heidir, Razan Taqy Isyra, Akmal Zaki Ihsani, Nabila Fahira Mulya, Naila Darin Anindya, Raden Jachregantravis Sumabrata dan Queena Lastama.

Ketua DPR ke-20 ini menjelaskan, sebanyak 22 orang dari UI Racing Team akan berangkat ke Czech. Mobil balap buatan UI Racing Team yang diberi nama UIRT-02 memiliki spesifikasi antara lain mesin Kawasaki ER6N 649 CC, chassis Tubular, body lightweight fibre, shockbreaker Ohlins dan ECU menggunakan Haltech Elite 2500.

Baca juga : Nuning: Prospek Kaum Hawa Di Bidang Studi Intelijen Sangat Cerah

"Pengerjaan mobil balap yang akan digunakan sudah dilakukan sejak akhir tahun 2023. Saat ini pengerjaan sudah mencapai 85 persen. Diharapkan awal Mei sudah bisa dilakukan test drive dan tanggal 8 Juni 2024 akan dilakukan grand launching mobil balap UIRT-02," kata Bamsoet.

Ketua Dewan Pembina Depinas SOKSI ini menerangkan, UI Racing Team sebelumnya juga telah mengikuti kompetisi Formula Student Czech Republic 2023. Hasilnya cukup membanggakan. Diikuti 60 tim dari berbagai negara, UI Racing Team berhasil meraih prestasi di beberapa kategori, yaitu posisi ke-7 di business plan, posisi ke-10 di cost and manufacturing, posisi ke-14 di engineering design, dan posisi ke-13 untuk keseluruhan.

Baca juga : Bamsoet Dukung Gelaran Pecah VW 2024 Dapatkan Rekor MURI

"Selain itu, sejumlah prestasi juara pernah disabet UI Racing Team. Antara lain, Top 5 Formula Japan 2018, Juara 3 Endurance Event dalam ajang IIMS 2029, Juara 1 Business Event dalam ajang IIMS 2019, Top 5 Business Plan dalam ajang Formula Bharat 2022 dan Top 6 Engineering Design dalam ajang Formula Bharat 2022," pungkas Bamsoet.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.