Dark/Light Mode

Sukses Meluncur, Satelit Telkom Merah Putih 2 Mulai On April 2024

Selasa, 26 Maret 2024 14:30 WIB
Satelit Merah Putih 2
Satelit Merah Putih 2

RM.id  Rakyat Merdeka - Satelit Telkom Merah Putih 2 sukses diluncurkan pada Selasa (20/2) pukul 15.11 waktu setempat atau Rabu (21/2) pukul 03.11 Waktu Indonesia Barat di Florida Amerika. Satelit merah putih ditargetkan mulai beroperasi pada April 2024. 

Satelit ke-11 milik TelkomGroup ini akan dimanfaatkan untuk membantu pemerataan digital di Indonesia, melalui penyediaan layanan backhaul berbasis satelit, mengembangkan bisnis maritim di Indonesia, dan mendukung kedaulatan data dengan mengurangi kebergantungan kapasitas satelit asing.

"Alhamdulillah, pengetesan orbit berjalan lancar. Slot orbit sudah sampai 113 derajat Bujur Timur pada Maret. Kemudian itu akan dilakukan review dari semua pengetesan. Diperkirakan awal April kita sudah bisa menikmati layanan satelit merah putih 2," kata Direktur Pengembangan Bisnis (CDO) PT Telkom Satelit Indonesia (Telkomsat) Anggoro Kurnianto Widiawan di Jakarta, Senin (25/3).

Baca juga : Satelit Merah Putih 2 Siap Beroperasi April 2024

Ia menjelaskan, kehadiran satelit merah putih dua ini akan menyasar pelaku bisnis Very Small Aparture Terminal (VSAT) yang nantinya konektivitas dari satelit tersebut bisa dirasakan oleh pelanggan dari VSAT.

Satelit berkapasitas 32 Gbps yang menggunakan teknologi HTS juga memiliki keunggulan daya cakup yang lebih luas dibandingkan dengan satelit-satelit sebelumnya.

"Dibandingkan dengan satelit-satelit yang kita miliki sebelumnya, pengalaman pengguna akan meningkat lebih besar dan biaya pun akan lebih murah," ujar Anggoro.

Baca juga : Ini Dia, 14 Fakta Satelit Merah Putih 2 Yang Diluncurkan Dari Cape Canaveral AS

Untuk itu, ia menilai VSAT dapat memanfaatkan konektivitas dari satelit merah putih 2 diberbagai sektor dan memperluas cakupan layanan serta memperluas aplikasi pengguna.

Saat ini, katanya, Telkomsat masih menunggu hasil evaluasi tes orbit secara keseluruhan dari satelit merah putih 2 yang dilakukan oleh perusahaan satelit, Thales Alenia Space.

Telkomsat bekerjasama dengan SpaceX meluncurkan satelit dari bumi menuju ke ketinggian yang ditentukan, menggunakan roket Falcon 9. Telkomsat juga menggandeng Jasindo untuk menjamin risiko satelit serta Telesat sebagai konsultan Telkomsat dalam pengadaan dan manufaktur satelit.
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.