Dark/Light Mode

Ini PR Pelatih Asal Jepang Tangani Timnas Wanita Indonesia

Senin, 13 Mei 2024 16:37 WIB
Pelatih kepala timnas U-17 wanita Indonesia, Satoru Mochizuki. (Foto : ist)
Pelatih kepala timnas U-17 wanita Indonesia, Satoru Mochizuki. (Foto : ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pelatih kepala timnas U-17 wanita Indonesia, Satoru Mochizuki berjanji terus membenahi sepakbola wanita Indonesia usai terpuruk di pentas Piala Asia U-17 Asia. 

Di tiga laga, Srikandi Indonesia menuai kekalahan. Laga terakhir, timnas wanita takluk atas Korea Utara dengan skor telak 0-9, di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, (12/5).

“Kita memang kalah, tetapi saya lihat permainan anak-anak pemain tadi mereka berusaha sampai di menit akhir menahan hampir kebobolan. Kecewa, tapi saya ada rasa bangga kepada anak-anak,” buka pelatih asal Jepang itu.

Baca juga : Bamsoet Dorong Peningkatan Kualitas Tenaga Pengajar Indonesia

Dari tiga laga yang sudah dilakukan, Satoru menilai, sangat terlihat dan terasa sekali perbedaan level kita dengan negara lain. Kekurangan mendasar seperti passing, control bola, shooting menjadi hal yang akan dibenahi.

"Saya rasa perlu diasah dan dilatih kembali. Yang penting, kita tidak terpuruk terus, larut dalam kekalahan ini, kita harus menatap ke depan, latihan lebih keras lagi,” sambungnya.

Setelah turnamen ini berakhir, banyak yang nantinya akan dilakukan oleh pria 59 tahun itu. Namun apa yang dilakukannya di turnamen ini adalah ingin melihat kemampuan para pemain, “Bagaimana mereka bermain, seperti apa mereka bermain, itu yang ingin saya ketahui di awal-awal,” ungkapnya.

Baca juga : HDI Resmi Ubah Nama, Kembali Buka Akses Unduhan Gim Di Indonesia

“Saya juga melihat pertandingan di grup lain, seperti Australia, Tiongkok, lalu ada Jepang juga, jadi saya bisa mengetahui seberapa jauh perbandingan level kita dengan mereka. Dengan begitu harapannya saya bisa mendapatkan gambaran, peta kekuatan negara lain, saat ini kita bagaimana, agar kedepannya bisa lebih baik.”

“Semua ini harus terus dilanjutkan, setiap hari, setiap minggu, setiap bulan, setiap tahun. Ini akan menjadi awal mula, pemain harus tetap semangat dan terus berlatih, dan berusaha lebih keras lagi,” jelasnya.

Saat ditanya mengenai pencarian bibit pemain sepak bola wanita di Indonesia, dirinya tak bisa berkomentar banyak, “Saya juga baru datang ke Indonesia, saya belum tahu lebih detailnya seperti apa, saya ingin informasi yang lebih banyak lagi, dan bisa saya pelajari,” bebernya.

Baca juga : Persib Vs Bali United, Jangan Percaya Catatan Statistik!

“Untuk itu, saya memperbanyak komunikasi dengan para staf, ofisial, dan PSSI, rencana kami nanti akan mengadakan scouting pemain, perlu juga menyebarluaskan mengenai sepak bola wanita, agar semua pihak mengetahuinya,” tutupnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.