Dark/Light Mode

3 Sukses Yang Dimau Menpora Dito Soal PON 2024

Minggu, 19 Mei 2024 16:43 WIB
Menpora Dito Ariotedjo. (Foto : Ist)
Menpora Dito Ariotedjo. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menpora Dito Ariotedjo berharap, pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 Aceh-Sumut bisa memenuhi tiga target kesuksesan yakni sukses prestasi, sukses penyelenggaraan dan sukses adminitrasi.

Hal itu, Menpora Dito sampaikan usai meninjau renovasi dan pembangunan kembali venue PON XXI 2024 di wilayah Aceh.

"Jadi kami ingin PON XXI 2024 ini benar-benar bisa sukses secara prestasi, sukses penyelenggaraan dan sukses secara administrasi," kata Menpora Dito didampingi Pj. Gubernur Aceh Bustami Hamzah saat jumpa media di komplek Olahraga Stadion Harapan Bangsa (SHB), Banda Aceh, Sabtu (18/5).

Baca juga : Dubes Jepang Masaki Yasushi Bertemu Menpora Dito, Bahas Kerja Sama Kepemudaan

Menpora Dito menghimbau semua pihak para stakeholders pusat dan daerah untuk kerja bersama, menjaga bersama demi kelancaran pelaksanaan PON XXI 2024.

"Ini mari kita jaga bersama baik itu postur dari anggaran APBN dan APBD, kita juga akan buat satgas pemantauan bersama penegak hukum ini demi menjaga penyelenggaraan dan kelangsungan persiapan PON XXI 2024 di September 2024 mendatang," pinta Menpora Dito.

Tak lupa Menpora Dito juga sampaikan apresiasinya atas kinerja Pemprov Aceh dan PB PON yang solid, kooperatif dan kompak selalu.

Baca juga : Sukses Revans, Iga Swiatek Juara Madrid Open 2024

"Saya juga apresiasi kinerja dari Pak Pj. Gubernur Aceh Pak Bustami beserta Ketua DPRA dan Alhamdulillah sangat kooperatif dan makin kompak. Ini kita mengejar target dan kontribusi dari Pemprov Aceh dengan APBA-nya dan APBK-nya kita ucapkan terima kasih karena sejatinya PON ini dari Aceh untuk Indonesia bahkan dari Aceh untuk dunia," urai Menpora Dito.

"Terkait penambahan anggaran sudah kami kerjakan, sebagian juga yang ada tambahan baru lagi seperti untuk opening ceremony dan beberapa peralatan penyelenggaraan sudah kami siapkan dan ajukan, kemudian nanti akan dibahas dalam rapat terbatas dengan Bapak Presiden," jelas Menpora Dito. 

Prinsip lanjutnya, Kemenpora siap mendukung dan memastikan untuk kelancaran pelaksanaan PON XXI 2024 Aceh-Sumut pada 8-20 September mendatang.

Baca juga : Mengatasi Perubahan Iklim: Solusi Berkelanjutan Di Era Digital Pada ITIS 2024

"Untuk nilainya (tambahan anggaran) besar, pokoknya semua sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh Pemprov Aceh dan Penyelenggara di Aceh. Prinsipnya kita pasti mendukung dan kita berjuang untuk memastikan ketersediaan anggaran sesuai dan tercukupi," paparnya.

"Karena apa yang sudah diajukan sebelumnya sudah pasti ada review dan diskusi antara pemprov Aceh, Kemenpora, Kemenkeu, PB PON, KONI Pusat, dan selanjutnya review akan diajukan untuk dimintakan persetujuannya di ratas tingkat tinggi," pungkas Menpora Dito.

Turut hadir pada peninjauan ini, Wakil Ketua Umum KONI Pusat Suwarno, Deputi Pembudayaan Olahraga Rudy Sufahriadi, Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Surono dan Staf Khusus Komunikasi dan Hubungan Internasional Alia Noorayu Laksono.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.