Dark/Light Mode

Dubes Jepang Masaki Yasushi Bertemu Menpora Dito, Bahas Kerja Sama Kepemudaan

Rabu, 8 Mei 2024 06:55 WIB
Dubes Masaki Yasushi (kiri) bersama Menpora Dito Ariotedjo di gedung Kemenpora, Jakarta, Senin (6/5/2024). (Foto: Dok. Kemenpora)
Dubes Masaki Yasushi (kiri) bersama Menpora Dito Ariotedjo di gedung Kemenpora, Jakarta, Senin (6/5/2024). (Foto: Dok. Kemenpora)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo menerima kunjungan Duta Besar (Dubes) Jepang untuk Indonesia Masaki Yasushi di ruang kerjanya di Graha Kemenpora, Jalan Gerbang Pemuda Nomor 3, Jakarta, Senin (6/5/2024).

Dubes Masaki, yang hari itu mengenakan batik dengan corak berwarna hijau toska, diajak melihat beberapa foto momen bersejarah di bidang kepemudaan dan olahraga Indonesia yang dipajang di aula Gedung Kemenpora. Tur singkat ini berakhir di ruang rapat lantai 10, tempat Dubes Masaki diterima Menpora Dito.

Usai saling bertukar kabar, Dubes Masaki dan Menpora Dito membahas sejumlah capaian kerja sama Jepang dan Indonesia di bidang kepemudaan dan olahraga.

Baca juga : Dubes Heri Resmikan Ponpes NU Pertama Di Negeri Sakura

Berdasarkan keterangan resmi Kemenpora, Selasa, (7/5/2024), Dubes Masaki menyebut, Indonesia telah banyak berkontribusi kepada Jepang, salah satunya di bidang olahraga.

“Terima kasih atas kerjasamanya selama ini. Orang Indonesia sangat baik. Saya harap Jepang dan Indonesia bisa makin mengembangkan kerja sama di bidang olahraga, khususnya dalam pembinaan usia dini,” ujar Dubes yang sudah bertugas di Indonesia mulai akhir 2023 ini.

Dubes Masaki lantas membeberkan serangkaian kerja sama yang telah dijalin antara kedua negara di bidang olahraga. Misalnya, tim bulu tangkis Jepang yang dilatih oleh pelatih asal Indonesia. Menurutnya, hal tersebut ikut mengembangkan prestasi olahraga bulu tangkis di Jepang.

Baca juga : Dubes Vasyl Kecam Serangan Rusia Ke Menara TV Di Ukraina

“Kami berterima kasih atas kontribusi Indonesia dalam olahraga di Jepang. Kami harapkan tim Indonesia semakin kuat,” ujarnya.

Lebih lanjut disebutkan pula kiprah pemain sepak bola asal Indonesia di Jepang, yaitu Justin Hubner yang bermain di Cerezo Osaka dan pesepak bola putri Zahra Muzdalifah di Cerezo Osaka Yanmar Ladies. Sebaliknya, Timnas Sepak Bola Putri Indonesia dilatih pelatih asal Jepang, Satoru Mochizuki.

Untuk kerja sama di bidang kepemudaan, Dubes Masaki mengapresiasi peran aktif Indonesia dalam pertukaran pemuda antara kedua negara. Seperti program Ship for Southeast Asian and Japanese Youth Program (SSEAYP).

Baca juga : Ketemu Mendag Inggris, Airlangga Bahas Kerja Sama Ekonomi Dan Perdagangan

Dia juga menyampaikan, Jepang siap membantu Indonesia dalam pengembangan dan pemberdayaan pemuda Indonesia. Salah satunya dalam bidang pertanian.

Menpora Dito menyambut baik kunjungan Dubes Masaki dan tidak lupa mengucapkan selamat kepada Jepang yang belum lama ini telah memenangkan Piala Asia U-23. Menurut Menpora, Jepang memang layak menjadi juara. “Indonesia patut mencontoh keberhasilan Jepang dalam pembinaan olahraga di usia muda,” kata Menpora.

Menpora Dito pun menyambut baik tawaran kerja sama dari Jepang untuk bidang kepemudaan dan olahraga.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.