Dark/Light Mode

Aturan Baru Piala Eropa 2024: Cuma Kapten Yang Boleh Protes Wasit

Rabu, 29 Mei 2024 13:02 WIB
Anthony Taylor termasuk wasit yang akan bertugas di UEFA Euro 2024 . (Foto : reuters)
Anthony Taylor termasuk wasit yang akan bertugas di UEFA Euro 2024 . (Foto : reuters)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Komisi Wasit UEFA, Roberto Rosetti, mengungkapkan adanya peraturan baru soal protes di ajang Euro 2024 ini. Yang boleh protes keputusan wasit hanya kapten.

Roberto Rosetti menegaskan hanya kapten tim yang bisa memprotes keputusan wasit.

Peraturan itu sekaligus berupa penegasan jika pemain selain kapten yang mendekati wasit dan menunjukkan rasa tidak hormat atau perbedaan pendapat akan menerima kartu kuning.

Baca juga : Tim Putra Tak Boleh Lengah

Kasus berbeda terjadi bila kapten tim adalah penjaga gawang. Maka harus ada satu pemain outfield yang ditunjuk untuk berkomunikasi dengan wasit.

“Kami akan meminta semua tim untuk memastikan hanya kapten mereka yang berbicara kepada wasit,” ujar Roberto Rosetti mengutip situs Football Italia.

“Kami akan meminta para kapten untuk memastikan bahwa rekan satu timnya tidak menyudutkan wasit. Penting untuk ditekankan bahwa kami hanya ingin kapten tim berbicara dengan wasit.”

Baca juga : Investor Tenang Berinvestasi

“Ini akan menjadi tanggung jawab kapten tim untuk memastikan rekan satu timnya menjaga jarak dari wasit,” tambahnya.

Roberto Rosetti turut mengatakan kerja wasit dalam sepak bola modern semakin sulit. Apalagi kini ada teknologi Video Assistant Referee (VAR).

“Menjadi wasit di sepak bola modern sangatlah sulit. Kami membuat 200 hingga 250 keputusan per pertandingan,” tutur Roberto Rosetti.

Baca juga : Ruud Hempaskan Tsitsipas

“Jadi satu keputusan setiap 22 detik, dalam situasi sulit dan terkadang kontroversial, di bawah tekanan yang sangat besar,” ungkapnya.

Menurut Rosetti mustahil menjelaskan sebuah keputusan kepada 22 pemain di lapangan. Hal ini ia anggap dapat menyebabkan gangguan dalam komunikasi. Oleh karena itulah, pada Euro 2024, hanya kapten tim yang boleh memprotes wasit.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.