Dark/Light Mode

Piala Thomas-Uber 2024

Tim Putra Tak Boleh Lengah

Senin, 29 April 2024 06:30 WIB
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. (Foto: PBSI)
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. (Foto: PBSI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tim Thomas Indonesia berhasil memimpin puncak klasemen sementara Grup C Piala Thomas-Uber 2024, setelah menang telak atas Inggris 5-0 di laga perdana. Kini, skuad yang dipimpin pemain ganda putra Fajar Alfian ini tidak boleh lengah saat meng­hadapi Thailand, di laga kedua hari ini.

Manajer tim sekaligus Ke­pala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Ricky Soebag­dja mengingatkan, baik tim putra dan putri Indonesia tidak boleh lengah menjelang pertandingan kedua fase grup Piala Thomas-Uber 2024.

“Apresiasi saya ucapkan ke­pada tim Thomas dan Uber yang sukses melewati laga pertama dengan kemenangan penuh. Untuk laga pertama saya cukup puas walaupun masih banyak catatan, evaluasi dan kekurangan yang harus segera diperbaiki untuk pertandingan ke depan, terutama bila di tim Thomas yaitu penampilan dari Bagas/Fikri,” jelas Ricky di Chengdu, kemarin.

Baca juga : KPK Tutup Sementara Rutan Pomdam Jaya Dan Puspomal

“Tapi terlepas itu semua, saya mengucapkan terima kasih untuk perjuangannya kemarin. Tetap jaga kesehatan, jaga fokus untuk lebih prima lagi,” ujarnya menambahkan.

Berbicara susunan pemain yang akan turun saat meng­hadapi Thailand, Ricky belum dapat memastikan, tetapi ke­mungkinan akan memberikan kesempatan kepada anggota tim yang belum dimainkan. “Tapi di tim Thomas lawannya adalah Thailand. Tentu kekuatan mereka tidak boleh kita anggap enteng, jadi kita harus benar-benar berhitung dari segala sisi dalam hal penentuan susunan pemain,” kata Ricky.

Sementara itu, kapten tim pu­tra, Fajar Alfian memiliki tekad untuk bisa mengantarkan Indo­nesia kembali membawa pulang Piala Thomas pada tahun ini. “Pastinya saya ditunjuk sebagai kapten, mau membawa pulang Thomas Cup kembali ke Tanah Air,” kata Fajar seperti dilan­sir Antaranews.com, kemarin.

Baca juga : Bahagia Dilamar Rayn Di Jepang

Juara bertahan All England Open 2024 itu melanjutkan, dirinya merasa bangga bisa me­mimpin para rekannya pada ajang beregu elite ini. Fajar berharap, kekompakan bisa terus dijaga se­hingga semakin solid dan percaya diri untuk meraih hasil terbaik.

“Sebuah kebanggaan saya di­tunjuk sebagai kapten melalui voting teman-teman. Semoga teman-teman bisa lebih kompak, percaya diri dan saling percaya satu sama lain sehingga bisa mem­bawa pulang lagi Piala Thomas untuk Indonesia,” kata Fajar.

Indonesia merupakan ne­gara yang mendominasi Piala Thomas dengan meraih tujuh trofi dalam delapan edisi pada periode 1955 hingga 1979. Secara keseluruhan, Indonesia masih mendominasi perolehan trofi Piala Thomas dengan 14 gelar dan gelar juara terakhir diraih pada Piala Thomas 2020.

Baca juga : PSI Buka Pendaftaran, Kaesang Dan Istri Tak Ikut Pilkada

Tak hanya itu, Indonesia dalam empat edisi terakhir selalu membawa pulang medali dari ajang beregu ini. Dalam empat edisi sebelumnya, tim putra In­donesia selalu membawa pulang medali. Indonesia meraih medali perunggu pada edisi 2018, perak pada edisi 2016 dan 2022, serta emas pada edisi 2020.

Saat ditanya apakah ada be­ban terkait prestasi tersebut dan statusnya bersama Muhammad Rian Ardianto yang menjadi ganda putra pertama Indonesia, Fajar mengatakan hal paling penting adalah menjaga fokus di setiap pertandingan. “Sekarang kami yang paling tua dan lebih dewasa, kami harus menjadi contoh untuk teman-teman yang lain,” kata Fajar.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Senin, 29 April 2024 dengan judul Piala Thomas-Uber 2024, Tim Putra Tak Boleh Lengah

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.