Dark/Light Mode

Aman Dan Kondusif Pasca Pencoblosan, 2024 Tak Sepanas 2019

Sabtu, 16 Maret 2024 08:35 WIB
Menko Polhukam Hadi Tjahjanto (tengah) memimpin rapat koordinasi bersama Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko (kedua kiri), Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto (kanan), Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (kiri) dan Jaksa Agung ST Burhanuddin, di Jakarta, Jumat (15/3/2024). (Foto: Antara Foto/Bayu Pratama S/Spt)
Menko Polhukam Hadi Tjahjanto (tengah) memimpin rapat koordinasi bersama Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko (kedua kiri), Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto (kanan), Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (kiri) dan Jaksa Agung ST Burhanuddin, di Jakarta, Jumat (15/3/2024). (Foto: Antara Foto/Bayu Pratama S/Spt)

RM.id  Rakyat Merdeka - Alhamdulillah, Pemilu 2024 berlangsung tak sepanas Pemilu 2019. Pasca pencoblosan 14 Februari lalu, situasi politik nasional terasa begitu aman dan kondusif.

Kesimpulan itu diutarakan Menko Pol­hukam Hadi Tjahjanto usai menggelar rapat koordinasi untuk mengantisipasi gangguan keamanan jelang pengumuman hasil Pemilu 2024 yang akan disampaikan KPU pada 20 Maret mendatang. Rapat koordinasi digelar di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Jumat (15/3/2024).

Baca juga : 1 Kapolda Bakal Bersaksi di MK, Kapolri Ikut Penasaran

Sejak pagi, Hadi yang mengenakan batik lengan panjang warna hitam sudah standby di kantor. Sekitar pukul 9.30 pagi rapat digelar. Hadir antara lain Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Jaksa Agung ST Burhanuddin, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Ka­polri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan dan Mendagri Tito Karnavian.

Selesai rapat, Hadi menggelar konferensi pers. Kepada wartawan, Hadi menegaskan, perkembangan situasi dan kondisi nasional sejak pencoblosan 14 Februari lalu, relatif aman dan kondusif. "Sesuai dengan informasi dan dari hasil pembahasan rapat koordinasi. Secara umum situasi dan kondisi nasional masih relatif kon­dusif dan aman terkendali," kata Hadi.

Baca juga : Digarap MKMK Lagi, Anwar Usman Sakit

Mantan Panglima TNI ini mengatakan, memang ada sejumlah aksi unjuk rasa terkait hasil pemilu. Na­mun, skalanya terbilang kecil menuju menengah. Meski begitu, Hadi mene­gaskan, TNI-Polri telah siap untuk mengantisipasi jika ada demonstrasi dalam skala lebih besar.

“Intelijen baik dari Kepala BIN, BAIS terus memantau perkembangan tersebut untuk tetap menjaga situasi tetap kondusif seperti saat ini," tam­bahnya.

Baca juga : Usul Bentuk Setgab, Demokrat Ngajak Prabowo Tiru SBY

Lebih jauh, mantan Menteri Agraria dan Tata Ruang itu, menegaskan pihaknya akan terus mengawal tahapan Pemilu agar berjalan dengan aman dan tertib hingga tuntas. Apalagi, Pemilu adalah harga diri bangsa Indonesia.

“Kami akan terus melaksanakan koordinasi erat bersama kementerian lembaga terkait untuk mendapatkan informasi dan perkembangan terkini terkait situasi nasional," tuntasnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.