Dark/Light Mode

Jelang Lawan Filipina

Garuda Siapkan Kemenangan

Sabtu, 8 Juni 2024 06:40 WIB
Pesepakbola Timnas Indonesia Ragnar Oratmanoen (tengah) berebut bola dengan pesepakbola Timnas Irak dalam laga lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Kamis (6/6/2024). (Foto: Rizki Syahputra/RM)
Pesepakbola Timnas Indonesia Ragnar Oratmanoen (tengah) berebut bola dengan pesepakbola Timnas Irak dalam laga lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Kamis (6/6/2024). (Foto: Rizki Syahputra/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Peluang Timnas Indonesia lolos ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia semakin ketat. Tim Garuda hanya punya satu cara untuk mengamankan posisi di babak berikutnya, yaitu menang atas Filipina di laga terakhir.

Persaingan pada babak penyisihan Grup F kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia semakin menarik. Pada matchday kelima, Indonesia menelan kekalahan 0-2 melawan Irak di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis (6/6/2024).

Sementara, Vietnam menge­mas tiga poin, setelah menga­lahkan Filipina dengan skor 3-2. Mengacu pada hasil tersebut, Indonesia masih bertahan di per­ingkat kedua dengan nilai tujuh poin dan Vietnam mengoleksi enam poin.

Masih ada satu laga penutup di Grup F dan ini akan menjadi penentu siapa yang bakal men­emani Irak ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Jika melihat skenario yang ada, Indonesia maupun Vietnam wajib memenangkan pertandin­gan terakhir tersebut. Namun secara peluang, skuad Garuda punya kans menemani Irak.

Baca juga : Wendy Walters, Mantan Suami Curhat Nyaris Bunuh Diri

Di pertandingan terakhir, Indonesia bakal menghadapi Filipina di SUGBK, Selasa (11/6/2024). Di hari yang sama, Vietnam bakal menantang Irak.

Ada beberapa skenario, Indonesia bisa lolos. Jika Indonesia menang atas Filipina, apapun hasil Vietnam atas Irak tidak akan berpengaruh, Indonesia tetap lolos.

Jika hasilnya imbang, maka Vietnam harus imbang melawan Irak pada laga terakhir. Hasil imbang kedua tim akan menem­patkan Indonesia di posisi kedua dengan delapan poin, tetap selisih satu poin dari Vietnam di posisi ketiga dengan tujuh poin.

Tapi, lain hal kalau Vietnam kalah melawan Irak, sehingga Indonesia akan finish di posisi kedua dengan keunggulan dua poin dari The Golden Stars.

Jika Indonesia kalah melawan Filipina, maka Indonesia masih berpeluang lolos ke putaran ke­tiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia apabila Vietnam juga menelan kekalahan melawan Irak. Tapi, jika Vietnam menang atas Irak, maka Indonesia tidak lolos.

Baca juga : Jokowi Tugasi Prabowo Bahas Gaza Di Yordania

Bek kiri Timnas Indonesia Shayne Pattynama mengatakan, timnya akan bekerja keras dan terus berjuang lolos ke putaran ketiga dengan meraih kemenan­gan melawan Filipina di SUGBK pada Selasa (11/6/2024) pukul 19.30 WIB nanti.

“Kami harus memperbai­kinya, bekerja keras dan terus berjuang, maka gol itu akan datang. Kami akan bangkit dan memastikan lolos ke babak se­lanjutnya,” tutupnya.

Pada kesempatan yang sama, Shayne mengatakan, seharusnya Indonesia bisa mencetak banyak gol pada laga melawan timnas Irak.

Menurutnya, tim Garuda ber­main lebih baik, terutama pada babak pertama, daripada perte­muan perdana ketika dikalahkan tim berjuluk Singa Mesopotamia itu dengan skor 1-5 di Basra pada laga pembuka putaran kedua November tahun lalu.

“Kami bermain sangat baik. Ada perbedaan besar dari perte­muan pertama ketika kalah 5-1 dan sekarang jika Anda melihat pertandingan tadi betapa bagus­nya kami di babak pertama. Kami seharusnya bisa mencetak banyak gol,” kata Shayne, usai laga.

Baca juga : Airlangga Dorong Pertemuan Tingkat Menteri IPEF Bermanfaat Buat Rakyat

Sementara, Pelatih Filipina Tom Saintfiet mengatakan, tim asuhannya akan bermain sebaik mungkin pada laga terakhir putaran melawan Indonesia di SUGBK, Jakarta.

Saintfiet berjanji akan me­nampilkan permainan terbaik melawan Indonesia yang sedang lapar memburu kemenangan untuk lolos ke putaran ketiga. Meskipun rekor pertemuan men­gatakan bahwa tim asuhannya hanya mendapatkan satu ke­menangan dan tiga imbang dari delapan pertemuannya melawan Garuda.

Hal ini dikatakan Saintfiet setelah timnya menelan keka­lahan tipis dengan skor 2-3 dari Vietnam pada laga kelima putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia Grup F di Stadion Internasional My Dinh, Hanoi, Kamis (6/6/2024).

“Filipina akan bermain sebaik mungkin meski Indonesia juga sangat kuat dan lapar kemenan­gan,” kata Saintfiet.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Sabtu, 8 Juni 2024 dengan judul Jelang Lawan Filipina, Garuda Siapkan Kemenangan

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.