Dark/Light Mode

Laga Uji Coba

Portugal Vs Irlandia, Menguji Ketajaman Selecao Das Quinas

Selasa, 11 Juni 2024 05:17 WIB
Timnas Portugal pada laga uji coba lawan Finlandia. (Foto : Ist)
Timnas Portugal pada laga uji coba lawan Finlandia. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bermain tanpa mega bintang Cristiano Ronaldo, Timnas Portugal melakoni dua laga uji coba jelang Euro 2024 dengan terseok-seok.

Selecao Das Quinas - julukan Portugal, menang atas Finlandia 4-2. Namun takluk 1-2 dari Kroasia. Kini, pasukan Roberto Martinez akan menghadapi Irlandia pada laga uji coba terakhir di Stadion Municipal Aveiro, Portugal, Rabu (12/6) dini hari nanti.

Tentu, laga ini menjadi penting sebelum bergabung di Grup F Euro 2024 bersamaTurki, Georgia dan Republik Ceko. Sementara, Irlandia tidak akan tampil di Euro 2024.

Mereka hanya menghuni posisi ke-4 Grup B kualifikasi. Bagi The Boys in Green, laga kontra Portugal jadi kesempatan untuk meningkatkan performa tim.

Partai ini merupakan uji coba kedua Irlandia selepas Caoimhin Kelleher dan kolega menang 2-1 atas Hungaria pekan lalu. Selanjutnya, Irlandia bakal tampil di ajang UEFA Nation League (UNL) B pada September 2024.

Baca juga : Laga Uji Coba Terakhir: Italia Menang Tipis, Prancis Tertahan

Portugal bisa dibilang punya persiapan lebih padat jika dibandingkan tim lain jelang Euro 2024. Pasalnya, Selecao Das Quinas menjalani tiga laga uji coba sekaligus.

Mayoritas peserta Euro cuma memainkan dua laga sepanjang Juni. Pelatih Roberto Martinez menginginkan hasil lebih sempurna, dengan mencatatkan cleansheet.

Kebobolan 3 gol dalam 2 laga terakhir tentunya jadi catatan tersendiri bagi Martinez. “Kami ingin menjaga gol tetap nol saat laga melawan Kroasia, (walaupun) fokusnya ada pada kemenangan,” kata Martinez.

“Lini pertahanan tidak memiliki konsistensi dan kami harus memperbaikinya selama pertandingan dan sekarang kami perlu memperbaikinya untuk meningkatkannya,” tambah Martinez.

Laga kontra Irlandia kini pantas jadi ujian terakhir bagi Portugal. Apalagi, Irlandia datang dengan nuansa positif usai menang 2-1 dari Hungaria.

Baca juga : Meksiko Vs Brasil, Mengukur Kekuatan Jelang Copa America

Hasil teranyar sekaligus jadi kemenangan perdana The Boys in Green selepas 4 laga sebelumnya hanya menghasilkan 2 kalah dan 2 seri.

Martinez menyatakan, pihaknya tetap puas dengan hasil terkini. Yang terpenting, sang juru taktik punya gambaran untuk bersaing di EURO 2024. Dia bertekad memaksimalkan uji coba terakhir melawan Irlandia.

“Kami lebih fokus dari apa yang kami lakukan. Kami melihat 16 pemain di lapangan (memaksimalkan pergantian di laga melawan Kroasia).

Bagi saya, itu pertandingan persiapan yang sempurna untuk turnamen,” terang Martinez.

Portugal berpotensi melakukan perubahan komposisi tim demi menjaga kebugaran. Laga kontra Irlandia jadi kesempatan sejumlah pemain yang sejauh ini belum diberi menit bermain, termasuk Cristiano Ronaldo.

Baca juga : Jerman Vs Yunani, Yang Penting Cetak Gol

Di sisi lain, pemain seperti Bruno Fernandes, Bernardo Silva, hingga Ruben Dias, berpotensi masih akan diandalkan. Sementara itu, Irlandia kemungkinan masih akan mempertahankan komposisi seperti laga terakhir.

Gelandang Wolves, Matt Doherty masih akan mengisi lini serang. Sedangkan Seamus Coleman diandalkan di lini belakang, dengan Caoimhin Kelleher menjaga mistar gawang.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.