Dark/Light Mode

Spanyol, Norwegia, Irlandia Akui Negara Palestina

Rabu, 22 Mei 2024 15:37 WIB
Ilustrasi bendera Palestina (Foto: AP via BBC)
Ilustrasi bendera Palestina (Foto: AP via BBC)

RM.id  Rakyat Merdeka - Spanyol, Norwegia, dan Irlandia telah mengumumkan rencana untuk secara resmi mengakui Palestina, sebagai negara yang berdaulat.

Langkah yang mendukung perjuangan global Palestina ini, bisa memicu ketegangan hubungan dengan Israel.

Menurut catatan Organisasi Pembebasan Palestina (PLO), kenegaraan Palestina telah diakui oleh lebih dari 130 negara, dari total 193 negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Baca juga : Peduli Kemanusiaan, Universitas ‘Aisyiyah Bandung Gelar Aksi Bela Palestina

"Hari ini, Irlandia, Norwegia, dan Spanyol mengumumkan pengakuan terhadap negara Palestina. Kami akan melakukan langkah nasional apa pun, untuk memberikan efek pada keputusan tersebut," kata Perdana Menteri (PM) Irlandia Simon Harris dalam konferensi pers di Dublin, seperti dikutip BBC, Rabu (22/5/2024).

Terpisah, Menteri Luar Negeri Irlandia Michael Martin menambahkan, pengakuan terhadap kedaulatan Palestina mulai berlaku di ketiga negara pada 28 Mei mendatang.

Sementara PM Norwegia Jonas Gahr Støre mengatakan, perang di Gaza memberikan satu pelajaran, bahwa perdamaian dan stabilitas harus bisa diprediksi dalam menyelesaikan masalah Palestina.

Baca juga : Bantah Gugat Ruben

"Di tengah kondisi perang, dengan puluhan ribu tewas dan terluka, kita harus tetap hidup dengan satu-satunya alternatif yang menawarkan solusi politik untuk Israel dan Palestina, yaitu Two-State Solution. Agar dua negara bisa hidup berdampingan, dalam kedamaian dan keamanan," papar Støre.

Sedangkan PM Spanyol Pedro Sanchez menegaskan, pihaknya akan mengakui negara Palestina untuk tujuan perdamaian, koherensi dan keadilan.

"Pengakuan ini tidak melawan orang-orang Israel, dan tentu saja tidak melawan orang-orang Yahudi. Langkah ini tidak mendukung Hamas. Ini mendukung koeksistensi," tandas PM Sanchez.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.