Dark/Light Mode

SEA Games 2019

Kalahkan Laos 4-0, Timnas Indonesia U-22 Lolos ke Semifinal

Kamis, 5 Desember 2019 19:42 WIB
Timnas Indonesia U-22 (seragam merah) saat melawan tim Laos di Thailand, Kamis (5/12). (Foto: Istimewa)
Timnas Indonesia U-22 (seragam merah) saat melawan tim Laos di Thailand, Kamis (5/12). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Timnas Indonesia memastikan diri lolos ke semifinal cabang sepak bola SEA Games 2019 menyusul kemenangan telak 4-0 Laos, Kamis (5/12) Timnas Indonesia awalnya menggebrak lewat gol cepat dari Saddil Ramdani di menit ke-5.

Namun setelah itu, tim lawan mulai menyulitkan Indonesia. Beruntung, gol tidak mampu diciptakan dan skor 1-0 untuk Indonesia bertahan hingga turun minum. Di babak kedua merah putih masih berinisiatif untuk terus menekan lawan.

Hasilnya pada menit ke-47 terjadi gol kedua. Gol tersebut diciptakan oleh Osvaldo Haay yang berhasil lolos dari jebakan offside lini pertahanan Laos.

Kubu Garuda semakin percaya diri memaksa tim lawan meningkatkan tempo permainan mereka. Bila diperhatikan Evan Dimas dan Abimanyu beberapa kali mendikte lini pertahanan Laos.

Memasuki menit ke-67 pelatih Indra Sjafri menarik Egy Maulana Vikri dan menggantinya dengan Witan Sulaiman. Gol terjadi lagi dan kali ini di menit ke-72 untuk skor 3-0.

Baca juga : SEA Games 2019 : Emas Sepeda Diluar Perkiraan

Bagas Adi berhasil mengeksekusi tendangan penalti yang aslinya bisa dihentikan kiper lawan, namun bola nakal kembali ia paksa masuk ke gawang Laos.

Gol terjadi lagi dan kali ini dihasilkan oleh Osvaldo Haay di penghujung babak kedua Wasit pun akhirnya meniup peluit panjang akhir babak kedua, hasil pertandingan Indonesia vs Laos ditutup dengan skor akhir 4-0.

Seusai pertandingan pelatih Timnas U-22, Indra Sjafri mengakui jika skuadnya tidak tampil maksimal di babak pertama. Namun secara keseluruhan Indra puas dengan hasil yang didapat.

Terlihat memang di babak pertama, Evan Dimas Cs sempat kesulitan meladeni permainan tim lawan. Bahkan Laos sempat menyeimbangkan kedudukan di menit akhir babak pertama beruntung masih bisa digagalkan.

Meski begitu, Indra secara keseluruhan puas dengan hasil yang didapat. "Alamdulillah malam hari ini target pertama kita yaitu lolos semifinal telah tercapai. Kita nanti akan melakukan pertandingan lagi ditanggal 7 Desember 2019," kata Indra.

Baca juga : SEA Games 2019 : Indonesia Tambah Dua Emas dari Boling dan Bulu Tangkis

 "Pertandingan hari ini kita lakoni dengan semangat yang baik walaupun di babak pertama sedikit kurang bagus. Mungkin karena beberapa pemain sudah bermain beberapa kali, ada dua pemain yang masih cedera," lanjut dia.

"Tapi perlu kita syukuri dan perlu kita bersiap-siap untuk semifinal dengan interval hanya satu hari dan kita akan perlu memberikan recovery untuk bisa bermain lebih di tanggal 7 Desember," pungkasnya.

Susunan pemain Indonesia kontra Laos:

Indonesia U-22 (4-3-3):

Nadeo Argawinata, Asnawi Mangkualam, Andy Setyo, Nur Hidayat Haji Harris, Bagas Adi, Syahrian Abimanyu, Zulfiandi, Evan Dimas, Egy Maulana Vikri, Osvaldo Haay, Saddil Ramdani.

Baca juga : Hari Pertama, Tujuh Perenang Indonesia Lolos Ke Final

Pelatih: Indra Sjafri

Laos U-22 (5-3-2): Solasak Thilavong, Vanna Bounlovongsa, Aphixay Thanakhanty, Kittisak Phomvongsa, Bounphithak Chanthalangsy, Bounphachan Bounkong, Somsavath Sophabmixay, Somlith, Sengvanny, Kaharn Phetsivilay, Somxay Keohanam, Soukaphone Vongchiengkham.

Pelatih: Sundram Moothy.  [WUR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.