Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pensiun dari Persija, Bambang Pamungkas Menahan Tangis

Rabu, 18 Desember 2019 09:51 WIB
Pemain Persija Bambang Pamungkas (kiri). (Foto: Persija Jakarta)
Pemain Persija Bambang Pamungkas (kiri). (Foto: Persija Jakarta)

RM.id  Rakyat Merdeka - Salah satu legenda Persija Jakarta yang juga mantan tim nasional Indonesia, Bambang Pamungkas akhirnya resmi mengumumkan gantung sepatu atau pensiun .

Pertandingan Persija vs Persebaya pada pekan ke-33 Shopee Liga 1 2019, Selasa (17/12) menjadi laga terakhirnya.

Masuk menggantikan Sandi Sute pada menit ke-75, striker yang identik dengan nomor 20 itu disambut dengan antusias puluhan ribu Jakmania.

Memang tidak ada kemenangan pada laga tersebut. Macan Kemayoran harus mengakui keunggulan 1-2 Bajul Ijo. Namun, sambutan hangat tetap diterima oleh Bepe, sapaan Bambang Pamungkas.

Baca juga : Sambut Nataru, Pertamina Tambah Pasokan BBM dan LPG di Yogyakarta

Bahkan Andritany Ardhiyasa yang saat itu menjabat menjadi kapten memberikan ban kapten kepada dirinya sekaligus penghormatan terakhir untuk memimpin rekan-rekannya di lapangan.

Rangkaian laga pamungkas Bepe, sapaan akrab Bambang Pamungkas ditutup dengan acara penghormatan bagi dirinya. Seremoni pensiunnya ditandai penghormatan para pemain, pelatih, dan ofisial kepada Bambang Pamungkas.

Sebelumnya acara dibuka oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Anies menyampaikan beberapa hal dan memberikan plakat dengan bertuliskan nomor punggung 20 dan nama Bambang Pamungkas kepada Bepe.

Cinderamata juga disampaikan oleh Pengurus Persija dan Pengurus Pusat Jakmania diwakili oleh Bung Ferry. “Bambang Pamungkas memang mengakhiri perannya di Lapangan hijau. Tetapi legendanya tidak akan pernah berhenti dalam sejarah Persija Jakarta,” kata Anies Baswedan, Selasa (16/12).

Baca juga : Operasinya Lancar, Vidi Aldiano Banjir Dukungan Netizen

 “Dua puluh tahun Bepe menjadi legenda di lapangan hijau. Dia menjadi inspirasi anak-anak kita,” puji dia.

“Dia (Bambang Pamungkas) menunjukkan sportivitas, dia bukan hanya milik Jakarta tetapi menjadi idola Indonesia,” kata Anies menambahkan.

Sementara itu Bepe juga memberikan pidato perpisahan. Ia pun berterimakasih seluruh elemen di Persija.

“Laki-laki sejati tidak menangis. Tapi hati berdarah. Izinkan saya jadi laki-laki sejati dengan tidak banyak bicara. Kawan-kawan, terima kasih ke seluruh tim Persija atas perjuangan luar biasa. Menguras emosi, tenaga, dan kesabaran. Terima kasih sebesarbesarnya untuk Direksi Persija atas kerja samanya selama saya di sini. Terima kasih untuk Pemda DKI dan Gubernur, yang sudah dukung Persija,” ungkap Bepe menahan tangis.

Baca juga : Tendangan Penalti Marco Simic, Persija Menang Telak Gulung Madura United 4-0

“Dan tidak lupa, untuk kalian semua pendukung Persija, yang hadir hari ini dan di mana pun kalian berada. Saya pernah merasakan menjadi pemain terbaik, top skorer di sini. Saya juga pernah juara di sini, saya juga pernah patah kaki di sini, depresi di sini, dan dianggap pengkhianat.

Dengan segala kondisi, kalian semua tetap berada di belakang saya. Saya mau ucapkan terima kasih sebesar-besarnya dari hati paling dalam,” pungkasnya. [WUR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.