Dark/Light Mode

PSSI Agendakan Penyegaran dan Seleksi Wasit Liga 1

Kamis, 13 Februari 2020 23:06 WIB
Ilustrasi Liga 1. (Foto: PSSI)
Ilustrasi Liga 1. (Foto: PSSI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Guna mempersiapkan musim baru untuk kompetisi Liga 1, PSSI mengadakan penyegaran dan seleksi wasit dengan asisten wasit, yang rencananya digelar mulai tanggal 15-22 Februari 2020 di Kompleks Kostrad Divisi 1, Cilodong, Depok, Jawa Barat.

Sebanyak 40 wasit dan 51 asisten wasit yang akan mengikuti kegiatan ini. Mereka akan diberikan materi oleh Instruktur wasit dari AFC, Mr. Rozali Yakob dan Mr. Sukidin.

Program ini juga termasuk dalam salah satu kegiatan PSSI setiap tahun sebelum kompetisi bergulir, sebagai wadah untuk meningkatkan performa perangkat pertandingan (wasit dan asisten wasit) tanah air yang akan bertugas di kompetisi Liga 1.

Baca juga : PSSI Pegang Kendali Soal Pelaksanaan Sekolah Pelatih Lisensi A

Selain itu juga, menambah pengetahuan wasit-wasit tersebut mengenai Laws of the Game. Di antara agendanya, ada juga terselip fitness test.

Untuk wasit, akan terlaksana di tanggal 16 Februari 2020, sementara untuk asisten wasit, akan berlangsung di tanggal 17 Februari 2020.

Selain itu juga, ada kegiatan outbound yang akan dilakukan oleh mereka di tanggal 18 Februari 2020. Program dan aktivitas pusat performa wasit sebagai berikut:

Baca juga : PSSI Apresiasi Persiapan Surabaya Sambut Piala Dunia U-20

Untuk program, Referee coaching, Referee dept staff, Referee tech experts, Office, Course, Referee comm tools, Annual assessment meeting, PSSI referee ID, Referee data base, Referee online digital platform.

Untuk aktivitasnya, antara lain Pendampingan dan pelatihan wasit Liga 1 on site match, Strukturisasi Departemen Wasit PSSI, Kerja sama internasional dalam hal tenaga ahli perwasitan, Pemenuhan sarana dan perlengkapan pendukung Departemen Wasit PSSI.

Untuk pemenuhan perlengkapan edukasi wasit PSSI, Pemenuhan perlengkapan dan teknologi komunikasi wasit PSSI, Rapat evaluasi dan penilaian wasit Liga 1 dan Liga 2, Pembuatan ID Wasit PSSI, Database wasit kabupaten/kota, provinsi dan nasional; amatir dan profesional, Pembuatan platform digital wasit, database, referee report, history, dan edukasi digital.

Baca juga : Lawan Penyebar Berita Bohong

Adapun, target yang ingin dicapai oleh PSSI untuk wasit dan asistennya antara lain, adalah Mentoring dan coaching wasit Liga 1 secara langsung pada pertandingan Liga 1, Manajemen dan pengendalian mutu departemen wasit PSSI, Menciptakan Elite Referee PSSI.

Selain itu untuk mempersiapkan wasit PSSI yang ada mencapai wasit Piala Dunia. Juga meningkatkan performa wasit profesional PSSI, membantu dalam assesment dan evaluasi wasit profesional PSSI. [WUR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.